Sukses

Ini Penyebab Kecoak Sulit Dibunuh, Bonus Tips Mengusirnya dari Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Kecoak yang mengintai area rumah pastinya akan membuat kita segera ingin membasminya. Namun, entah mengapa rasanya sulit sekali membunuh si serangga pembawa penyakit, si penyebab reaksi alergi, dan si pencemar makanan ini. Yang ada kita dibuat berlari ke sana kemari hingga kesal karena kecoak berhasil kabur.

Melansir dari Holistic Pest Solutions pada Jumat (9/7/2021), ternyata ada beberapa fakta mengenai kecoak yang sulit dibunuh.

Menurut studi, kecoak ternyata mampu menahan beban hingga 900 kali dari berat tubuhnya. Bagaimana bisa?

Kecoa memiliki eksoskeleton (kerangka eksternal) yang sangat kuat dan fleksibel. Sehingga membuat mereka kemungkinan akan sulit untuk mati. Bahkan serangga itu mampu bertahan terhadap injakan yang paling keras seperti tumpukan koran. Mereka juga dapat meratakan diri menyesuaikan ruangan di celah sempit.

Anehnya lagi, kecoak bisa hidup hingga seminggu tanpa kepala.

Hama itu ternyata bernapas melalui lubang-lubang kecil di seluruh tubuh mereka. Sehingga kepala mereka tidak diperlukan untuk bernapas.

Meskipun demikian, kecoa perlahan akan mati setelah seminggu tanpa kepala. Lantaran kecoak membutuhkan mulut untuk makanan dan air. Jadi kemungkinan besar mereka akan mati sengsara akibat dehidrasi.

 

2 dari 6 halaman

Mampu Berkembang Biak Tanpa Jantan

Tak hanya itu, kecoak mampu melakukan perjalanan dengan kecepatan luar biasa. Jika Anda pernah mencoba mengejar kecoak dan kesulitan menangkapnya. Ternyata ini alasan kecoak yang dapat melakukan perjalanan hingga 3mph. Kecepatan yang setara dengan sekitar 50 dari panjang tubuh mereka per detik.

Dalam istilah manusia, itu seperti orang yang berlari dengan kecepatan 210 mil per jam. Selain kecepatan, serangga ini sangat sensitif terhadap getaran terkecil, sehingga sulit untuk menyelinap ke kecoa. Kemungkinannya pada saat Anda mulai mengejar kecoa pasti mereka secara tiba-tiba menghilang.

Bahkan kecoak betina tidak selalu membutuhkan jantan untuk berkembang biak. Sama halnya dengan hama serangga lainnya, kecoak juga sering berkembang biak dengan durasi singkat.

Biasanya kecoak betina memiliki pejantan untuk berkembang biak. Namun, ketika jantan langka atau tidak ada, betina mampu bereproduksi secara aseksual melalui proses yang disebut partenogenesis. Sehingga akan lebih mudah bagi kecoak betina untuk membuat infestasi penuh di rumah Anda.

Jadi bagi Anda yang merasa sulit membasmi atau takut pada kecoak. Lalu berharap supaya mereka tak masuk ke dalam rumah. Sebaiknya lakukanlah hal-hal sederhana berikut. Dilansir dari debugpestcontrol.com, berikut ini empat cara agar rumah terhindar dari kecoak:

3 dari 6 halaman

1. Bersihkan Lantai Rumah Anda

Biasanya, kecoak tidak akan menyukai lantai yang bersih. Oleh sebab itu, Anda harus selalu membersihkan lantai rumah agar terhindar dari kecoak.

Hal lain yang perlu diperhatikan agar tidak menarik perhatian dari kecoak adalah kondisi kebersihan area kompor. Sisa-sisa makanan akan mengundang kecoak untuk mengambil makanan itu.

4 dari 6 halaman

2. Simpan Makanan dengan Benar

Salah satu hal yang selalu diinginkan oleh kecoak adalah makanan. Ke mana pun mereka pergi tujuannya adalah mencari makanan untuk dikonsumsi.

Ketika rumah kosong atau malam hari saat Anda tertidur, kecoak akan merayap masuk ke rumah untuk memakan makanan Anda. Oleh sebab itu, pastikan makanan di rumah Anda tersimpan dengan benar.

5 dari 6 halaman

3. Jangan Tumpuk Sampah dalam Rumah

Salah satu kebiasaan yang acap kali kita lupakan adalah menumpuk sampah yang ada di dalam rumah. Mau itu sampah kering atau basah, dua-duanya dapat mengundang kehadiran kecoak.

Apalagi jika Anda menyimpan sampah basah dalam keadaan yang cukup lama. Kecoak sangat suka bertelur di permukaan kain basah. Jadi pastikan tong sampah dalam rumah segera dikosongkan apabila sudah penuh.

6 dari 6 halaman

4. Tutup Lubang dan Ventilasi Agar Tak Jadi Akses Masuk Kecoak

Hal utama yang paling penting adalah menutup segala akses masuk kecoak ke dalam rumah. Sebab, sekecil apapun lubang yang ada rumah Anda bisa dimasuki oleh kecoak.

Hal ini juga berlaku pada lubang pembuangan. Tutup saluran pembuangan air di toilet sehingga hewan ini tidak masuk dari akses itu.

Kemudian perhatikan juga atap yang bocor. Tidak menutup kemungkinan bahwa kecoak-kecoak juga memanjat dinding rumah untuk masuk ke wilayah Anda.

 

Reporter: Bunga Ruth