Sukses

Seperti Rachmawati Soekarnoputri, 6 Tokoh Dunia Ini Juga Meninggal Dunia Akibat COVID-19

Selain Rachmawati Soekarnoputri, enam tokoh dunia ini juga dikabarkan meninggal dunia akibat terinfeksi COVID-19, Liputan6.com rangkum dari sejumlah sumber:

Liputan6.com, Jakarta - Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia. Kabar duka yang tersiar itu menyebutkan bahwa putri almarhum presiden pertama Indonesia itu mengembuskan napas terakhir pada Sabtu 3 Juli 2021 pukul 06.45 WIB.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Andre Rosiade. Ia menuturkan bahwa meninggalnya Rachmawati Soekarnoputri disebabkan oleh COVID-19.

"Infornya sih begitu (meninggal karena COVID-19)," kata Andre kepada Liputan6.com, Sabtu (3/7/2021).

Andre mengatakan, informasi yang beredar di pihak internal Gerindra menyebut bahwa Putri Bung Karno itu telah dirawat di RSPD Gatot Soebroto pada 26 Juni 2021 disebabkan COVID-19.

Selain Rachmawati Soekarnoputri, enam tokoh dunia ini juga dikabarkan meninggal dunia akibat terinfeksi COVID-19, Liputan6.com rangkum dari sejumlah sumber:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mantan Presiden India Meninggal Dunia Akibat Corona COVID-19

Mantan presiden India Pranab Mukherjee, yang dinyatakan positif Corona COVID-19 awal bulan ini, meninggal pada Senin, 31 Agustus 2020 pada usia 84 tahun.

Berita duka ini disiarkan setelah berminggu-minggu sang mantan presiden berada di rumah sakit, kata putranya dan kantor presiden India.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (1/9/2020) Pranab Mukherjee meninggal karena beberapa kegagalan organ setelah dirawat di rumah sakit beberapa minggu lalu, setelah dinyatakan positif COVID-19 pada 10 Agustus.

Seorang politisi veteran yang menjabat sebagai menteri luar negeri dan keuangan di pemerintahan sebelumnya, menyebut Mukherjee mengalami koma sehingga harus menggunakan bantuan ventilator setelah mengalami infeksi paru-paru.

Politisi asal Bengal itu adalah anak didik mantan perdana menteri Indira Gandhi dan menjadi anggota kabinetnya ketika dia menangguhkan hak-hak demokrasi yang terkenal dari tahun 1975 hingga 1977.

Selengkapnya di sini...

3 dari 7 halaman

2. Menteri Kehakiman Somalia Meninggal Dunia Karena Corona COVID-19

Somalia melaporkan korban meninggal kedua akibat Virus Corona COVID-19 pada Minggu 12 April waktu setempat. Pada Rabu 8 April 2020, Somalia mengonfirmasi kematian pertamanya akibat Virus Corona COVID-19. 

Pasien COVID-19 kedua di Somalia yang meninggal dunia merupakan Menteri Kehakiman Negara Bagian Hirshabelle, Khalif Mumin Tohow. Ia wafat usai tertular Virus Corona jenis baru di rumah sakit Martini di Mogadishu.

Sehari sebelum kematiannya ia dinyatakan positif Virus Corona COVID-19 di Kota Jowhar, ibu kota Hirshabelle.

Wakil presiden Hirshabelle, Ali Gudlawe Hussein, membenarkan wafatnya sang menteri kepada media, seperti dilansir Antara, Senin (13/4/2020).

Menurut media setempat, Mumin, yang merupakan campuran Somalia Inggris, bepergian ke Inggris pada Februari sebelum kembali ke negara Tanduk Afrika tersebut.

Menurut Kementerian Kesehatan, Somalia mencatat 21 kasus Virus Corona COVID-19 dengan melibatkan sejumlah pegawai pemerintahan.

Selanjutnya di sini...

4 dari 7 halaman

3. Menhan Kolombia Carlos Trujillo Meninggal Dunia karena Komplikasi COVID-19

Menteri Pertahanan Kolombia Carlos Holmes Trujillo, yang mengawasi perjuangan pemerintah melawan geng narkoba dan gerilyawan, telah meninggal dunia pada Selasa (26/1) karena komplikasi COVID-19.

Trujillo, meninggal dunia di usia 69 tahun.

Kabar duka meninggalnya Trujillo juga membuat pesan kesedihan dan simpati bermunculan dari dekat dan jauh, bahkan dari pemerintah Amerika Serikat dan PBB.

Dilansir Channel News Asia, Rabu (27/1/2021) Trujillo adalah pejabat tinggi Kolombia dan salah satu dari hampir belasan menteri Kabinet di seluruh dunia yang meninggal akibat Virus Corona COVID-19 - yang telah menewaskan sedikitnya 2,1 juta orang sejak awal wabah di China pada Desember 2019.

Trujillo, yang lahir di Cali, barat daya Kolombia, Trujillo telah melayani pemerintahan negara tersebut di bawah enam presiden sejak 1990 - sebagai Menteri Dalam Negeri dan Pendidikan, dan beberapa kali sebagai duta besar.

Selengkapnya di sini...

5 dari 7 halaman

4. Eks Presiden Prancis Giscard d'Estaing Meninggal Dunia Setelah Tertular COVID-19

Mantan presiden Prancis Valery Giscard d'Estaing meninggal dunia. Seorang tokoh kunci integrasi Eropa pada awal 1970an mengembuskan napas terakhirnya dalam usia 94 tahun.

Kabar kematian Valery Giscard d'Estaing disampaikan oleh Istana Elysee, Rabu 2 Desember 2020 waktu setempat.

Valery Giscard d'Estaing yang merupakan presiden Prancis dari tahun 1974 hingga 1981 meninggal di rumah keluarganya di wilayah Loir-et-Cher, di Prancis tengah, setelah tertular COVID-19. Demikian menurut Kantor Giscard d'Estaing, seperti dikutip dari Associated Press (AP), Kamis (3/12/2020).

"Sesuai dengan keinginannya, pemakamannya akan berlangsung dalam privasi yang ketat," kata kantornya.

Giscard d'Estaing dirawat di rumah sakit bulan lalu karena masalah jantung, tetapi tetap bersemangat hingga usia lanjut.

Menurut laporan VOA Indonesia, yang dikutip dari Radio Europe 1, Giscard yang menjadi pemimpin Prancis dari 1974-1981, baru-baru ini dirawat di rumah sakit di Tours, di bagian barat Prancis. Ia menjalani perawatan pada unit kardiologi.

Selengkapnya...

6 dari 7 halaman

5. Menlu Zimbabwe Sibusiso Moyo Meninggal Dunia Akibat COVID-19

Liputan6.com, Harare - Menteri Luar Negeri Zimbabwe Sibusiso Moyo meninggal akibat Corona COVID-19.

Lahir pada tahun 1960, mantan jenderal angkatan darat ini menjadi terkenal di dunia internasional pada tahun 2017.

Dirinya menarik perhatian ketika ia mengumumkan pengambilalihan militer, untuk menggulingkan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe yang telah lama menjabat dari kekuasaan.

Zimbabwe telah mencatat lonjakan kasus Covid-19, demikian dikutip dari laman BBC, Kamis (21/1/2021).

Ada 28.675 kasus dan 825 kematian sejak virus itu terdeteksi di Zimbabwe mulai Maret 2020.

Lebih dari setengah kasus terjadi sejak perayaan Tahun Baru. Meningkatnya infeksi telah disalahkan pada orang-orang yang bepergian ke Afrika Selatan selama musim perayaan Tahun Baru 2021.

Selengkapnya di sini...

7 dari 7 halaman

6. Wakil Dubes RI untuk India Ferdy Nico Yohannes Piay Meninggal Dunia Usai Terinfeksi COVID-19

Kabar duka datang dari India, wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk negara tersebut, Ferdy Nico Yohannes Piay, dilaporkan meninggal dunia. Ia mengembuskan napas terakhir setelah terpapar COVID-19.

Berdasarkan informasi mengutip akun Twitter resmi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di New Delhi, Rabu (26/5/2021), sebuah video singkat memuat foto Ferdy dan ucapan duka cita atas kepergian wadubes RI tersebut.

"@KBRI_NewDelhi berduka cita atas berpulangnya Bapak Ferdy Nico Yohannes Piay, Wakil Duta Besar KBRI New Delhi. Kepemimpinan, ketauladanan & kebaikan hati yang telah Bapak curahkan selama bertugas di India akan menjadi kenaikan terbaik yang tak akan terlupakan.#RIP," tulis akun perwakilan RI di New Delhi tersebut.

Kabar meninggalnya wakil dubes RI untuk New Delhi itu juga disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah.

"Kemlu kembali berduka. Salah satu putra terbaik Kemlu, Bapak Ferdy Nico Yohannes Piay, Kuasa Usaha Add Interim (KUAI)/DCM KBRI New Delhi telah berpulang karena COVID-19,"  ujar Faizasyah kepada Liputan6.com melalui pesan singkat.

"Almarhum berdedikasi atas bidang diplomasi yangg ditekuninya. juga sosok.diplomat intelektual yang cakap," imbuh Faizasyah. 

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.