Sukses

1 Juli 2021: RI Siap PPKM Darurat, Kasus COVID-19 Dunia Tembus 182,1 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Dunia mencatat 182,1 juta kasus COVID-19. Pasien yang meninggal sudah 3,9 juta, dan kabar baiknya ada 3 miliar dosis vaksin yang sudah disalurkan.

Meski demikian, ada negara-negara yang kasus covidnya masih fluktuatif. Indonesia adalah salah satu negara tersebut, bahkan Palang Merah Internasional mulai resah atas perkembangan di negara ini.

Berdasarkan data Johns Hopkins University, berikut lima negara dengan total kasus tertinggi per Kamis (1/7/2021):

1. Amerika Serikat: 33,6 juta kasus

2. India: 30,3 juta

3. Brasil: 18,5 juta

4. Prancis: 5,8 juta

5. Rusia: 5,4 juta

Kasus di Turki juga sudah tembus 5,4 juta kasus. Namun, Presiden Recep Tayyip Erdogan mulai melonggarkan berbagai aturan pada 1 Juli ini setelah sempat lockdown.

Sementara, Yonhap melaporkan Korea Selatan sedang mencatat peningkatan kasus hingga 700 kasus sehari. Di China, kasus masih stabil dengan total 103 ribu kasus. 

Indonesia pun berencana akan melakukan PPKM darurat di sejumlah provinsi untuk menekan angka COVID-19. Berikut uraian rencananya: 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 5 halaman

Beredar Daftar Nama Kota dan Kabupaten Terapkan PPKM Darurat Jawa-Bali

Pemerintah akhirnya mengambil kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk menekan angka lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Melalui pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, kebijakan PPKM Darurat tengah masuk tahap finalisasi sebelum akhirnya resmi diumumkan.

"Ini upaya yang terus kita lakukan dan hari ini ada finalisasi kajian," kata Jokowi seperti dikutip dari Channel Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 30 Juni 2021. 

Sesuai dengan draft yang diterima Liputan6.com berjudul "Intervensi Pemerintah Dalam Penanganan Covid-19" dengan label Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi Republik Indonesia, tercatat PPKM Darurat akan diberlakukan pada 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

Ada 45 Kabupaten/Kota dengan nilai assesmen 4 dan 76 Kabupaten/Kota dengan nilai assesmen 3 di Pulau Jawa dan Bali yang akan diberlakukan kebijakan PPKM Darurat. Berikut daftarnya:

3 dari 5 halaman

Daftar 45 Kabupaten Kota dengan Nilai 4

Berikut daftar lengkap kota di tiap provinsi dengan hasil assesmen bernilai 4 (45 Kabupaten Kota):

Banten: Kota Tangerang Selatan dan Kota Tangerang

Jawa Barat: Purwakarta, Kota Tasikmalaya, Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Cirebon, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Banjar, Kota Bandung, Karawang, dan Kabupaten Bekasi.

DKI Jakarta: Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat

Jawa Tengah: Sukoharjo, Rembang, Pati, Kudus, Kota Tegal, Kota Surakarta, Kota Semarang, Kota Salatiga, Kota Magelang, Klaten, Kebumen, Grobogan, Banyumas.

DI Yogyakarta: Sleman, Kota Yogyakarta, dan Bantul

Jawa Timur: Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Lamongan, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, dan Kota Blitar.

4 dari 5 halaman

Daftar 76 Kabupaten Kota dengan Nilai 3

Daftar lengkap kota di tiap provinsi dengan hasil assesmen bernilai 3 (76 Kabupaten Kota):

Banten: Tangerang, Serang, Lebak, Kota Serang, Kota Cilegon

Jawa Barat: Sumedang, Sukabumi, Subang, Pangandaran, Majalengka, Kuningan, Indramayu, Garut, Cirebon, Cianjur, Ciamis, Bogor, Bandung Barat, Bandung

DKI Jakarta: Kepulauan Seribu

Jawa Tengah: Wonosobo, Wonogiri, Temanggung, Tegal, Sragen, Kab. Semarang, Purbalingga, Pemalang, Pekalongan, Magelang, Kota Pekalongan, Kendal, Karanganyar, Jepara, Demak, Cilacap, Brebes, Boyolali, Blora, Batang, Banjarnegara

DI Yogyakarta: Kulon Progo, Gunungkidul

Jawa Timur: Tuban, Trenggalek, Situbondo, Ponorogo, Pasuruan, Pamekasan, Pacitan, Ngawi, Nganjuk, Kab. Mojokerto, Malang, Magetan, Lumajang, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Batu, Kediri, Jombang, Jember, Gresik, Bondowoso, Bojonegoro, Blitar, Banyuwangi, Bangkalan

Bali: Kota Denpasar, Jembrana, Buleleng, Badung, Gianyar, Klungkung, Bangli

5 dari 5 halaman

Infografis COVID-19: