Sukses

Gajah Nyelonong Masuk Rumah di Thailand Hebohkan Warga

Seekor gajah menghebohkan warga di Kota Hua Hin Thailand, ketika memasuki rumah warga secara tiba-tiba.

Liputan6.com, Bangkok - Seekor gajah masuk ke sebuah rumah warga di Kota Hua Hin, Thailand pada Minggu 20 Juni 2021.

Gajah itu pun terlihat menggunakan belalainya untuk mencari makanan melalui lubang di dinding dapur rumah tersebut.

Pemilik rumah itu, Ratchadawan Puengprasopporn, menceritakan bahwa keluarganya sedang tidur ketika dia mendengar suara-suara dari dapur.

Ketika dia dan suaminya pergi untuk melihat keadaan di dapur, Ratchadawan mendapati gajah itu menjulurkan kepalanya ke dapur, mengaduk-aduk rak dan memakan makanan mereka yang ada di dalam kantong plastik.

Diketahui, ini bukan pertama kalinya Boonmee, seekor gajah jantan liar yang dikenal penduduk dan petugas taman sebagai pengunjung yang sering ke desa, masuk ke dalam rumah warga.

Sehari setelah peristiwa itu, otoritas setempat dan pejabat taman nasional mengunjungi kediaman Ratchadawan dan menyarankannya untuk membuang makanan, terutama makanan yang asin, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (22/6/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Otoritas Hua Hin Peringatkan Warga Tak Simpan Makanan Asin

Pattarapol Maneeon, dokter hewan dari Departemen Taman Nasional dan Margasatwa Hua Hin, mengatakan kemungkinan tidak ada cukup makanan asin di alam liar selama musim hujan. Hal ini memaksa gajah mencari makanan berbahan garam di desa-desa setempat.

"Di dalam rumah, kami masih memiliki sekantong garam, saus, ikan fermentasi," katanya, seraya menambahkan bahwa hal ini dapat menarik gajah untuk memasuki rumah-rumah warga.

"Untuk saat ini, kita perlu membersihkan barang-barang yang dapat menarik mereka kembali," pungkasnya.

Pihak berwenang Hua Hin pun berjanji untuk memperbaiki rumah Ratchadawan setelah kejadian itu, sementara makanan berbahan garam buatan akan disediakan di hutan untuk gajah.

Menurut Pusat Konservasi Gajah Thailand, diperkirakan ada 3.000 gajah liar di negara Asia Tenggara tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis 7 Tips Cegah Klaster Keluarga COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.