Sukses

WHO: Virus Corona Varian Delta Dominasi Kasus COVID-19 di Dunia

Liputan6.com, Jenewa - Varian Delta dari virus corona, pertama kali diidentifikasi di India, menjadi varian yang dominan secara global, kata kepala ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Jumat (18/6).

Soumya Swaminathan juga menyuarakan kekecewaan atas kegagalan kandidat vaksin COVID-19 CureVac dalam uji coba untuk memenuhi standar kemanjuran WHO, khususnya karena varian yang sangat mudah menular meningkatkan kebutuhan akan suntikan baru yang efektif.

Melansir Channel News Asia, Sabtu (19/6/2021), Inggris telah melaporkan peningkatan tajam dalam infeksi dengan varian Delta, sementara pejabat kesehatan masyarakat Jerman memperkirakan itu akan dengan cepat menjadi varian dominan di sana meskipun tingkat vaksinasi meningkat.

Kremlin menyalahkan lonjakan kasus COVID-19 pada keengganan untuk melakukan vaksinasi dan setelah rekor infeksi baru di Moskow, sebagian besar dengan varian Delta baru, mengipasi kekhawatiran gelombang ketiga.

"Varian Delta sedang dalam perjalanan untuk menjadi varian dominan secara global karena peningkatan transmisibilitasnya," kata Swaminathan dalam konferensi pers.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Varian Baru Virus Corona

Varian baru virus corona dikutip oleh CureVac ketika perusahaan Jerman minggu ini melaporkan bahwa vaksinnya terbukti hanya 47 persen efektif dalam mencegah penyakit, jauh dari patokan 50 persen oleh WHO.

Perusahaan mengatakan telah mendokumentasikan setidaknya 13 varian yang beredar dalam populasi penelitiannya.

Mengingat bahwa vaksin mRNA serupa dari Pfizer-BioNTech dan Moderna mencatat tingkat kemanjuran yang mencapai 90 persen, Swaminathan mengatakan bahwa dunia telah mengharapkan lebih banyak dari kandidat CureVac.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.