Sukses

The Furnace Tembus Festival Film Venice, Ini Cara Gratis Nonton di FSAI 2021

Liputan6.com, Jakarta - Film The Furnace karya sutradara muda Roderick MacKay dapat disaksikan secara gratis oleh masyarakat dalam Festival Sinema Australia Indonesia 2021 (FSAI 2021) yang berlangsung secara online selama 18-27 Juni 2021. 

The Furnace yang tayang 18 Juni 2021 menjadi andalan festival tahun ini. Film itu berkisah tentang petualangan pemuda Afganistan bernama Hanif (diperankan aktor Mesir, Ahmad Malek) untuk mengantar seorang penyelundup emas ke suatu tujuan.

Tokoh Hanif merupakan representasi dari cameleers yang menawarkan jasa transportasi dengan unta. Meski jarang disorot sejarah, cameleers sudah ada di Australia bahkan sejak 150 tahun lalu.

Hanif (Ahmed Malek) di The Furnace. Dok: Umbrella Entertainment

Fokus The Furnace bukanlah aksi tembak-tembakan, melainkan tentang cara Hanif menghadapi berbagai sudut pandang di sekitarnya. Ada banyak perspektif yang muncul di film ini, mulai dari aparat hukum, kelompok aborigin, dan para imigran yang datang dari berbagai negara saat gold rush di Australia pada akhir abad ke-19.

Melalui film ini, audiens bisa melihat sejarah Australia secara lebih luas. Sutradara Roderick MacKay menghabiskan enam tahun untuk membuat film ini, dan mayoritas waktunya dipakai untuk meneliti berbagai unsur kultural agar memastikan adanya representasi kultural dan sejarah yang akurat, walau genrenya fiksi sejarah.

"Saya ingin membuat sejarah lebih aksesibel melalui kisah yang menarik," ujar MacKay dalam jumpa pers virtual bersama Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Kamis (17/6/2021).

The Furnace juga adalah satu-satunya film Australia yang masuk ke Venice Film Festival 2020 dan mendapat sambutan positif dari audiens. Roderick MacKay juga mengapresiasi respons positif dari komunitas budaya yang ia representasikan dalam film.

Klik di sini untuk mendaftar nonton The Furnace di FSAI 2021. Dan berikut daftar film lain yang tayang di FSAI 2021:

2 dari 2 halaman

Daftar Film FSAI 2021:

FSAI 2021 menghadirkan berbagai genre, mulai dari fiksi sejarah, komedi, aksi, hingga horor.

1. The Furnace

2. Jaimen Hudson: from sky to sea

3. Combat Wombat

4. Relic

5. H is for happiness

6. Dirt music

7. Milly & Mamet

8. Pendekar Tongkat Emas

Selain pemutaran film, rangkaian acara dalam gelaran FSAI 2021 juga termasuk tiga acara seminar masterclass virtual – meliputi animasi, promosi film, serta sinematografi dokumenter dan drone.

Sahabat FSAI 2021 sekaligus alumni Australia Marissa Anita akan bergabung dengan berbagai pakar film Australia untuk menampilkan sesi langsung dan interaktif ini.