Sukses

Habitatnya Terganggu, 15 Ekor Gajah Tempuh Jarak 500 Kilometer ke Kunming China

Liputan6.com, Kunming - 15 ekor kawanan gajah liar mendekati kota Kunming, ibu kota provinsi Yunnan, China bagian barat daya pada Rabu 2 Juni 2021.

Kelompok gajah Asia ini mencakup tiga ekor anak gajah yang awalnya tinggal di cagar alam.

Dikutip dari Channel News Asia, Kamis (3/5/2021), mereka telah menempuh perjalanan hampir 500 kilometer di sepanjang jalan raya dan melalui ladang tanaman selama beberapa bulan terakhir.

Kelompok gajah ini berada dalam beberapa kilometer dari tepi Kunming pada 2 Juni lalu menurut televisi pemerintah CCTV.

Walaupun tidak ada penjelasan yang jelas mengapa mereka bergerak ke utara, laporan Xinhua mengatakan penurunan tanaman yang dapat dimakan di habitat hutan telah memberikan tekanan pada hewan tersebut yang jumlahnya meningkat di Yunnan dalam beberapa dekade terakhir.

2 dari 3 halaman

Populasi Gajah Liar di Yunnan Meningkat sejak 1980

Tujuan akhir mereka juga belum diketahui saat ini. Para ahli percaya pemimpin kelompok tersebut mungkin telah membuat mereka tersesat, menambahkan bahwa jarang bagi mereka untuk melakukan perjalanan sejauh ini.

Selama seminggu terakhir, hewan-hewan itu menguras tangki air, masuk ke ladang jagung, dan menghabiskan persediaan dalam sebuah gudang yang mereka tabrak.

Sejak pertengahan April, kelompok gajah tersebut merusak sekitar 56 hektar tanaman, dan menyebabkan kerugian sekitar 15 triliun rupiah.

Untungnya, sejauh ini tidak ada korban yang dilaporkan dengan penduduk setempat berusaha untuk membimbing hewan-hewan tersebut dengan makanan dan memblokir jalan dengan truk.

Populasi gajah liar di Yunnan naik menjadi sekitar 300 dari 193 sejak 1980.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Bepergian?