Sukses

Pria di China Kaget Saat Temukan Video Istrinya Menikah dengan Orang Lain di Media Sosial

Seorang pria China kaget usai menelusuri aplikasi video favoritnya. Lantaran istrinya menikah dengan orang lain.

Liputan6.com, Beijing - Seorang pria China sedang menelusuri aplikasi video favoritnya. Tak lama dia menemukan video tentang istrinya yang menikah dengan laki-laki lain.

Pada usia 35 tahun, Yin Cheng (nama samaran) sudah dianggap sebagai "pria tua" di kota kelahirannya Bayannur, Mongolia Dalam, jadi tidak mengherankan jika keluarganya telah mendorongnya untuk mencari seorang istri. 

Tapi itu bukan tugas yang mudah di China saat ini.

Melansir Odditycentral, pada awal tahun 2021, Yin mencari bantuan seorang mak comblang, bermarga Li, yang memperkenalkannya kepada (Nana) seorang wanita yang kabarnya sudah pernah menikah sebelumnya. 

Hal itu tidak menjadi masalah baginya, dan setelah berbicara dengan Nana melalui panggilan video beberapa kali, Yin memintanya untuk datang ke Bayannur agar mereka dapat bertemu secara langsung, dan bahkan mengirimnya 1.000 yuan (Rp 2,2 juta) sebagai tanda itikad baik. 

Sedikit yang dia tahu bahwa ini merupakan sebuah penipuan.

Ketika ayah Yin Cheng bertemu Nana untuk pertama kalinya, dia menyatakan keinginannya untuk bertemu dengan orangtuanya sesegera mungkin, tetapi mak comblang dengan cepat menjelaskan bahwa sebuah jembatan sedang dibangun di desa asal wanita itu, dan bahwa keluarganya sangat sibuk.

Dia juga menyebutkan bahwa perusahaan konstruksi memberikan kompensasi kepada keluarga berdasarkan jumlah anggota, sehingga Nana akan kehilangan kesepakatan jika dia menikah secara sah sebelum kontrak kompensasi ditandatangani.

Keluarga pria itu setuju untuk hanya mengadakan upacara pernikahan tradisional, dan menjadikan serikat pekerja resmi ketika bisnis dengan kompensasi selesai. Cheng dan Nana menikah pada bulan Januari, dan wanita itu menerima mahar 148.000 yuan ($23.500), serta perhiasan dan hadiah pernikahan lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hilang Tanpa Kabar

Baru tiga hari menikah, Nana memberi tahu suami barunya bahwa dia harus kembali ke rumah untuk berkumpul dengan keluarganya. Dia kembali setelah sekitar seminggu, tetapi kemudian dua hari kemudian mengatakan bahwa dia akan kembali ke rumah untuk membantu ibunya. 

Hal-hal berlangsung seperti ini untuk sementara waktu, tetapi Yin Cheng tidak benar-benar curiga, karena dia mengira istrinya hanya rindu rumah dan benar-benar terikat dengan keluarganya.

Namun, pengantin pria yang mudah tertipu pun mulai mencium sesuatu yang mencurigakan ketika istrinya berhenti menerima teleponnya dan menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah daripada di rumah. 

Kemudian, pada bulan Maret, sesuatu yang sangat aneh terjadi. Yin sedang menelusuri aplikasi video favoritnya – Tik Tok Kuaishou – ketika dia menemukan klip pendek pernikahan dari Kota Xixiaozhao.

Pengantin wanita tampak seperti istrinya sendiri, dan setelah menonton video itu lagi, dia yakin itu adalah istrinya. Nana tidak menjawab teleponnya, jadi dia pergi ke Xixiaozhao untuk menghadapi pria yang dinikahi istrinya dan menyelesaikan masalahnya. 

 

3 dari 3 halaman

Korban Penipuan

Setelah berhasil melacak pemilik akun TikTok tersebut dan menjelaskan sesuatu, Yin membenarkan bahwa wanita dalam klip itu memang Nana, setelah itu dia menghubungi polisi tentang hal tersebut.

Penyelidikan selanjutnya menemukan bahwa Nana dan Li adalah bagian dari jaringan scammer besar yang memanfaatkan pria yang putus asa untuk mencari istri. 

Mereka mengkhususkan diri dalam meyakinkan korban untuk hanya mengadakan upacara pernikahan tradisional dan membayar mas kawin, sementara menunda penandatanganan dokumen. 

Polisi menangkap total lima orang yang terlibat dalam 19 kasus penipuan pernikahan, dan menyebabkan kerugian sekitar 2 juta yuan (Rp 4,5 miliar).

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.