Sukses

China Izinkan Kebijakan Baru untuk Warganya Punya 3 Anak

Kebijakan baru di China akan mengizinkan keluarga di negara tersebut memiliki lebih dari tiga anak.

Liputan6.com, Beijing - China mengumumkan pada Senin 31 Mei 2021 bahwa setiap keluarga akan diizinkan untuk memiliki hingga tiga anak. Ini adalah perubahan besar dalam kebijakan yang sebelumnya hanya mengizinkan setiap keluarga memiliki dua anak.

Dikutip dari Channel News Asia, Senin (31/5/2021), kebijakan baru ini diumumkan setelah data terbaru menunjukkan penurunan dramatis dalam angka kelahiran di China.

Perubahan itu disetujui selama pertemuan politbiro yang dipimpin oleh Presiden China Xi Jinping, menurut laporan kantor berita Xinhua.

Pada tahun 2016, China membatalkan kebijakan untuk keluarga yang hanya diizinkan untuk memiliki satu anak - awalnya diberlakukan untuk menghentikan lonjakan populasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sensus Terbaru di China Ungkap Kelambanan Penambahan Populasi

Awal bulan ini, sensus yang dilakukan sekali dalam satu dekade di China menunjukkan bahwa jumlah populasi tercatat berkembang pada tingkat paling lambat selama dekade terakhir sejak tahun 1950-an.

Hal itu terlihat dalam data yang menunjukkan tingkat kesuburan 1,3 anak pada satu ibu untuk tahun 2020 saja, setara dengan jumlah warga yang sudah menua, seperti Jepang dan Italia.

Pada hari Senin, politbiro China juga mengatakan akan menunda secara bertahap usia pensiun negara itu, tetapi tidak memberikan rincian apa pun.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.