Sukses

20 Warga India Terima Dua Jenis Vaksin COVID-19 Berbeda, Apakah Aman?

20 warga India menerima dua jenis vaksin COVID-19 berbeda.

Liputan6.com, New Delhi - Dua puluh orang di India utara telah diberikan dua suntikan virus corona yang berbeda untuk dosis pertama dan kedua.

Mereka diberi vaksin Covishield (AstraZeneca) pada awal April, tetapi kemudian mendapatkan Covaxin yang dikembangkan secara lokal sebagai bagian dari dosis kedua mereka pada bulan Mei.

Mengutip BBC, Kamis (27/5/2021), India tidak mengizinkan pencampuran vaksin dan penelitian dilakukan di seluruh dunia untuk melihat apakah dosis yang berbeda dapat diberikan dengan aman.

Pejabat mengatakan 20 orang itu sehat dan tidak memiliki efek samping.

Pejabat di distrik Siddharthnagar di negara bagian Uttar Pradesh mengatakan mereka telah meluncurkan penyelidikan atas "pengawasan administratif".

Sandeep Chaudhary, Kepala Petugas Medis Siddharthnagar, mengatakan kepada saluran berita NDTV setempat bahwa dia telah meminta penjelasan dari "pihak yang bertanggung jawab" dan berjanji untuk mengambil tindakan terhadap mereka.

Beberapa penduduk desa mengatakan bahwa mereka takut bahwa campuran vaksin akan berdampak buruk pada mereka dalam beberapa minggu mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terima Dua Jenis Vaksin Berbeda

Covaxin adalah vaksin yang tidak aktif yang artinya terbuat dari virus corona yang sudah mati, sehingga aman untuk disuntikkan ke dalam tubuh.

Sedangkan Covishield, yang merupakan nama lokal untuk vaksin Oxford-AstraZeneca diproduksi secara lokal oleh Serum Institute of India, produsen vaksin terbesar di dunia. Itu dibuat dari versi lemah dari virus flu biasa (dikenal sebagai adenovirus) dari simpanse. Ini telah dimodifikasi agar lebih mirip virus corona - meskipun tidak dapat menyebabkan penyakit dan aman.

Ilmuwan masih mempelajari apakah vaksin yang dibuat pada platform berbeda dapat diberikan kepada orang yang sama. 

"Kesalahan" muncul di tengah kekurangan dosis vaksin yang parah di seluruh negeri.

Pemerintah telah membuka vaksinasi untuk semua orang yang berusia di atas 18 tahun tetapi belum mendapatkan cukup banyak dosis vaksin untuk mempercepat perjalanan.

Lambatnya proses ini hanya memperburuk dampak gelombang kedua virus yang membuat rumah sakit dan bahkan krematorium dalam beberapa pekan terakhir kewalahan. 

Kekacauan terjadi di tengah gelombang kedua pandemi yang mengamuk.

India telah menjadi salah satu negara yang terkena dampak terburuk dengan lebih dari 2,7 juta kasus. India juga telah melaporkan lebih dari 300.000 kematian akibat virus meskipun para ahli khawatir jumlah sebenarnya jauh lebih tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.