Sukses

Indonesia Pimpin Pemilihan Direktur Jenderal UNIDO PBB

Indonesia memimpin forum kandidat untuk pemilihan Organisasi Pembangunan Industri PBB (UNIDO).

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Republik Indonesia untuk PBB di Wina, Austria, Dr. Darmansjah Djumala, selaku Presiden Industrial Development Board (IDB) Organisasi Pembangunan Industri PBB (UNIDO), memimpin forum kandidat untuk pemilihan Direktur Jenderal UNIDO pada Selasa 25 Mei.

KBRI Wina mengatakan, forum ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada tiga calon Dirjen UNIDO periode 2021-2025 yang berasal dari Bolivia, Ethiopia dan Jerman, untuk berkampanye menyampaikan visi dan misinya masing-masing kepada seluruh negara anggota UNIDO.

"Forum hari ini merupakan langkah sangat penting yang menentukan masa depan UNIDO", kata Dubes Darmansjah Djumala yang memandu proses pemilihan, seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Kamis (27/5/2021).

Dubes Darmansyah menambahkan, bahwa "Sebagai organisasi pembangunan industri dunia, UNIDO memiliki peran yang amat strategis untuk terus mendorong negara-negara anggotanya menuju revolusi industri ke-4 (Industri 4.0). Dalam konteks pemulihan ekonomi dunia pasca pandemi, UNIDO juga berperan penting dalam memastikan pembangunan industri dapat terus berlangsung secara inklusif dan berkelanjutan."

Ketiga calon yang bersaing untuk jabatan Dirjen UNIDO saat ini merupakan pejabat tinggi dan para menteri senior aktif yang diajukan oleh pemerintahnya masing-masing, papar KBRI Wina.

Kandidat dari Bolivia, Dr. Bernardo Calzadilla Sarmiento, banyak menekankan pentingnya UNIDO menjadi centre of excellence untuk pembangunan industri dunia dan bersinergi dengan sistem perdagangan multilateral.

Kemudian kandidat dari Ethiopia, yaitu Dr. Arkebe Oqubay, menyoroti pentingnya peran UNIDO untuk lebih mendorong industrialiasi di negara berkembang yang sangat diperlukan untuk menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan dan keluar dari middle income trap. 

Sementara Kandidat dari Jerman, Dr. Gerd Müller berpandangan bahwa negara maju perlu untuk meningkatkan komitmennya dalam membantu negara berkembang menjawab tantangan-tantangan global saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komiten Indonesia di Forum Organisasi Internasional

Ada beberapa isu yang banyak ditanyakan oleh negara-negara anggota kepada para kandidat. 

Pertanyaan itu antara lain adalah visi mereka mengenai peran UNIDO dalam mendorong isu-isu pengembangan industri UMKM, perubahan iklim, kesetaraan gender dan digitalisasi ekonomi.  

Kandidat Dirjen UNIDO secara resmi akan dipilih pada pertemuan ke-49 IDB UNIDO. 

Peretemuan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 12-15 Juli 2021 dan selanjutnya disahkan pada sidang General Conference tanggal 29 November - 3 Desember 2021.

Dirjen UNIDO yang terpilih nantinya akan menggantikan Dirjen saat yang berasal dari China, Mr. Li Yong. 

KBRI Wina mengatakan, bahwa keterlibatan aktif Indonesia dalam forum pemilihan UNIDO tersebut merupakan salah satu wujud dari komitmen Indonesia untuk terus memegang peran kepemimpinan di berbagai forum organisasi internasional.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.