Sukses

Warga AS Ungkap Masih Ragu Lepas Masker Meski Sudah Divaksinasi COVID-19

Warga AS mengungkapkan dirinya masih ragu untuk tidak memakai masker saat keluar rumah, meski sudah divaksinasi COVID-19.

Liputan6.com, Washington D.C - Seorang warga di New York, Amerika Serikat mengungkapkan karaguannya untuk tidak mengenakan masker saat keluar rumah, meski sudah divaksinasi COVID-19.

Dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (15/5/2021) Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) melonggarkan aturan pemakaian masker bagi mereka yang divaksinasi penuh.

Hal itu memungkinkan warga untuk berhenti mengenakannya di luar ruangan yang ramai dan di sebagian besar tempat di dalam ruangan.

Meski pedoman tersebut telah dilonggarkan, sejumlah warga di New York masih ragu-ragu untuk melepaskan masker mereka.

Mike Longo, yang sudah lama tinggal di New York mengatakan; "Saya khawatir orang-orang akan melakukan apa pun yang mereka inginkan. Kita benar-benar tidak dapat mengetahui siapa yang divaksinasi dan yang belum. Tapi, saya punya masker dan siap digunakan walau sudah divaksinasi. Jadi, saya merasa cukup percaya diri".

Namun, panduan baru tersebut masih menganjurkan pemakaian masker di tempat-tempat keramaian di dalam ruangan seperti bus, pesawat, rumah sakit, penjara, dan penampungan tunawisma, sementara membantu pembukaan kembali tempat-tempat kerja dan sekolah. 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah untuk Mendorong Lebih Banyak Warga AS Divaksinasi COVID-19

CDC juga mengatakan bahwa warga AS yang sudah divaksinasi penuh bisa tidak mempraktikkan social distancing di banyak tempat.

Badan tersebut juga berharap pedoman itu akan mendorong lebih banyak warga AS untuk divaksinasi COVID-19.

"Saya pikir ini adalah pencapaian yang luar biasa, hari yang luar biasa," kata Presiden AS Joe Biden, yang memberikan sambutan di Gedung Putih, seperti dikutip dari Channel News Asia.

"Jika Anda telah divaksinasi penuh dan dapat melepas masker Anda, Anda berhak melakukan sesuatu yang orang Amerika dikenal di seluruh dunia: menyapa orang lain dengan senyuman," ujar Biden.

Direktur CDC Rochelle Walensky, menyampaikan bahwa pedoman baru itu didasarkan pada penurunan tajam kasus COVID-19, perluasan vaksin untuk warga AS yang berusia lebih muda dan kemanjuran vaksin terhadap varian Virus Corona.

"Kami mengikuti sains di sini," kata Walensky.

Ini dari "perpaduan lebih banyak sains yang muncul baru pekan lalu," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Infografis 7 Tips Cegah Klaster Keluarga COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.