Sukses

NASA Berencana untuk Membangun Teleskop di Bulan

Ingin mengintip lebih dalam mengenai alam semsta, NASA ingin membangun teleskop radio di bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya untuk di Bumi, NASA bisa saja membangun teleskop radio baru untuk mengintip lebih dalam ke alam semesta di Bulan.

Dikutip dari BGR, Sabtu (8/5/2021), badan antariksa dapat mengirim misi ke Bulan yang akan memasang jaringan sepanjang bagian dalam kawah, membentang hingga ke tepinya.

Hal itu akan dirancang untuk memantulkan gelombang radio ke penerima, seperti pada teleskop radio yang berbasis di Bumi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Siapkan Anggaran

Dengan melakukan hal itu, NASA tidak perlu mengirim banyak alat berat ke bulan.

NASA kini telah menyisihkan lebih dari lima miliar rupiah untuk menyempurkanakn konsen Lunar Crater Radio Telescope (LCRT) untuk menempatkannya di sisi jauh bulan.

"Meskipun tidak ada bintang, ada banyak hidrogen selama Zaman Kegelapan alam semesta - hidrogen yang pada akhirnya akan berfungsi sebagai bahan mentah untuk bintang pertama," kata Joseph Lazio dari Jet Propulsion Laboratory NASA dalam sebuah pernyataan.

"Dengan teleskop radio yang cukup besar dari Bumi, kami dapat melacak proses yang akan mengarah pada pembentukan bintang pertama, bahkan mungkin menemukan petunjuk tentang sifat materi gelap."

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H/2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini