Sukses

Singapura Setop Seluruh Kedatangan dari India Akibat Lonjakan COVID-19

Liputan6.com, Singapura - Semua pemegang long-term visit pass dan pengunjung jangka pendek dengan riwayat perjalanan terbaru ke India dalam 14 hari terakhir tidak akan diizinkan masuk ke Singapura mulai 24 April, demikian diumumkan Kementerian Kesehatan (MOH) pada Kamis, 22 April. 

Ini termasuk pengunjung yang transit di India dan semua yang telah memperoleh persetujuan sebelumnya untuk masuk ke Singapura, katanya. 

Menurut laporan Channel News Asia, Jumat (23/4/2021), situasi COVID-19 India memburuk dalam beberapa hari terakhir, dengan catatan harian kasus baru. 

Banyak pendatang baru dari India bekerja di sektor konstruksi, kelautan dan proses dan tinggal di asrama, kata Lawrence Wong, ketua bersama gugus tugas multi-kementerian COVID-19.

"Kami tahu bahwa langkah besar ini akan berdampak pada sektor konstruksi dan kelautan kami. Dan banyak UMKM dan kontraktor lokal yang akan terkena dampak buruk," katanya pada konferensi pers.

"Pemerintah akan berupaya memberikan langkah-langkah dukungan tambahan untuk membantu perusahaan-perusahaan ini."

2 dari 4 halaman

Khawatir Kecolongan

Tidak ada bukti bahwa kasus baru-baru ini di Asrama Westlite Woodlands terkait dengan strain baru dari India, kata Wong, yang juga menjabat sebagai Menteri Pendidikan.

"Bahkan jika mereka menyampaikan pemberitahuan tinggal di rumah, kami tahu bahwa itu tidak pernah 100 persen sangat mudah, dan kebocoran masih bisa terjadi," tambahnya. 

“Dan jika kebocoran seperti itu terjadi di antara pendatang baru India yang bekerja di sektor ini, maka strain baru mungkin bocor ke asrama dan lebih buruk lagi, bahkan pekerja yang sudah pulih atau divaksinasi mungkin terinfeksi dan kemudian kita mungkin melihat kelompok baru muncul lagi di asrama."

Tindakan baru tersebut dapat mempengaruhi kemajuan proyek konstruksi, termasuk rumah, kata Menteri Pembangunan Nasional Desmond Lee dalam sebuah postingan di Facebook.

"Kami akan bekerja dengan Dewan Perumahan & Pembangunan, pengembang swasta dan perusahaan konstruksi untuk melihat bagaimana proyek mereka dapat dibawa kembali ke jalurnya," kata Lee.

3 dari 4 halaman

Aturan Ketat Diberlakukan

Kementerian Kesehatan juga mengumumkan pada hari Kamis bahwa semua pelancong dengan riwayat perjalanan terbaru ke India yang belum menyelesaikan pemberitahuan tinggal di rumah selama 14 hari sebelum pukul 23.59 pada hari Kamis harus memberikan pemberitahuan tambahan tujuh hari tinggal di rumah di fasilitas khusus. 

Menjelaskan langkah-langkah baru sebagai "pembekuan sementara" pada kedatangan dari India, Wong mengatakan ini akan memberi waktu Singapura untuk memantau situasi di sana dan lebih memahami "varian baru yang ada dan risiko yang mereka timbulkan kepada kami". 

Menanggapi pertanyaan tentang dampak pada sektor konstruksi, kelautan dan pengolahan, Menteri Kesehatan Gan Kim Yong mengatakan: “Langkah-langkah ini perlu karena Anda dapat membayangkan bahwa alternatifnya adalah dengan masuknya kasus, dan sebenarnya mereka dapat menularkan ke asrama kami, komunitas kami, dan kami berakhir dengan wabah besar lagi."

“Jika itu terjadi, lebih banyak perusahaan yang akan terpengaruh. Lebih banyak pekerja akan terpengaruh, dan ekonomi akan… terpengaruh lebih buruk daripada yang bisa kita lihat sekarang dengan langkah-langkah ini. "

Menambahkan bahwa Singapura juga peduli dengan kapasitas perawatan kesehatan, Gan berkata: “Kami ingin melakukan apa yang kami bisa untuk meminimalkan risiko cluster berikutnya dan gelombang berikutnya, sehingga kami memiliki kapasitas yang memadai dari fasilitas perawatan kesehatan kami untuk dapat merespons, jika kemungkinan itu terjadi. " 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

  • Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.
    Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.
    Singapura
  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India
  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • virus corona