Sukses

Kemenhan Korea Selatan Ucapkan Belasungkawa Atas Hilangnya KRI Nanggala 402

Pihak Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengirimkan ucapan bela sungkawa atas KRI Nanggala 402 yang hilang kontak.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertahanan Korea Selatan ikut mengirimkan ucapan bela sungkawa atas insiden hilangnya KRI Nanggala-402.

"Kementerian Pertahanan Nasional Republik Korea mengungkapkan belasungkawa yang terdalam kepada Kementerian Pertahanan Republik Indonesia atas kapal selam KRI Nanggala-402 yang baru-baru ini hilang saat latihan angkatan laut dilakukan di Selat Bali pada 21 April," tulis pernyataan resmi yang diterima Liputan6.com, Kamis (22/4/2021). 

Dalam pernyataan tersebut pula, pihak Korea Selatan menungkapkan kerja sama erat antara kedua negara di bidang industri pertahanan.

Selain itu, pihaknya juga menyatakan kesiapan untuk membantu dan ikut terlibat dalam upaya pencarian KRI Nanggala-402.

"ROK MND sudah siap untuk mendukung misi pencarian dan penyelamatan Indonesia dengan segala cara yang mungkin di atas permintaan dari Indonesia," ungkap pihaknya. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Upaya Pencarian

Kementerian Pertahanan Korea Selatan menegaskan upayanya untuk turut membantu upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala-402. 

"ROK MND telah menyampaikan keinginan kami untuk mendukung misi penyelamatan Indonesia melalui saluran diplomatik kami setelah mendengar tentang warga Indonesia yang hilang bersama dengan hilangnya kapal selam," tambah pernyataan resmi tersebut. 

Menteri Pertahanan ROK telah menginstruksikan Angkatan Laut Korea Selatan untuk bersiap membantu upaya pencarian secara langsung jika diminta oleh pihak Indonesia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.