Sukses

Amerika Serikat Catat 7 Kasus Penembakan dalam Sepekan Terakhir

Liputan6.com, Jakarta- Penembakan massal di sebuah supermarket di Boulder, Colorado, Amerika Serikat terjadi kurang dari seminggu setelah delapan orang tewas dalam serangkaian serangan di sebuah spa di Atlanta.

Dilansir CNN, Selasa (23/3/2021) kedua insiden tersebut kemungkinan akan memicu diskusi tentang undang-undang pengendalian senjata di AS, di mana kematian akibat senjata api sering terjadi. 

Insiden di Colorado dan Atlanta, termasuk di antara setidaknya tujuh kasus penembakan massal yang terjadi dalam sepekan terakhir di seluruh AS - termasuk tiga serangan lainnya pada 20 Maret.

Berikut adalah deretan insiden penembakan massal yang terjadi di Amerika Serikat dalam seminggu: 

 

2 dari 5 halaman

Penembakan Sepekan Terakhir

1. Atlanta, Georgia: Delapan orang, termasuk enam perempuan keturunan Asia, tewas ketika seorang pria bersenjata menyerang tiga spa, di Atlanta pada 16 Maret 2021.

2. Stockton, California: Lima orang yang sedang berjaga di Stockton, di Central Valley California, ditembak secara tiba-tiba pada 17 Maret, menurut Departemen Sheriff San Joaquin. Tidak ada korban jiwa dalam serangan ini.

3. Gresham, Oregon: Empat korban dibawa ke rumah sakit setelah penembakan di kota di wilayah timur Portland, pada 18 Maret 2021.

4. Houston, Texas: Lima orang mengalami luka tembak setelah kericuhan di dalam sebuah klub pada 20 Maret, menurut polisi setempat. Satu korban berada dalam kondisi kritis setelah mengalami luka di bagian leher, sementara korban lainnya dalam kondisi stabil, menurut afiliasi CNN, KPRC. 

5. Dallas, Texas: Di hari yang sama, 8 orang ditembak oleh penyerang tak dikenal, dan salah satunya tewas. 

6. Philadelphia: Selain di Dallas, satu orang tewas dan lima lainnya terluka dalam insiden penembakan di sebuah pesta ilegal pada 20 Maret, menurut laporan afiliasi CNN, KYW.

"Ada setidaknya 150 orang di sana yang melarikan diri dan menyelamatkan diri untuk hidup mereka," kata Komisaris Kepolisian Philadelphia, Danielle Outlaw.

7. Boulder, Colorado: sepuluh orang, termasuk seorang petugas kepolisian Boulder, tewas dalam penembakan massal di supermarket King Soopers pada 22 Maret 2021.

 

3 dari 5 halaman

Deretan Insiden Penembakan di AS Pada Awal 2021

Belum ada informasi yang jelas tentang bagaimana jumlah penembakan massal ini - di mana setidaknya empat orang tertembak - dibandingkan dengan jumlah rata-rata selama seminggu di AS.

Meskipun adanya beberapa data resmi terkait kekerasan dengan senjata, pemerintah federal AS diketahui tidak memiliki sistem atau database terpusat untuk melacak insiden yang melibatkan senjata api dan penembakan massal di seluruh negeri.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, yang melacak beberapa data kekerasan senjata, hampir 40.000 orang tewas dalam insiden yang melibatkan senjata api pada tahun 2019.

Sejauh ini, pada 2021, setidaknya ada enam penembakan massal dengan empat atau lebih korban tewas, termasuk di Atlanta dan Boulder. 

Berikut adalah insiden penembakan yang terjadi pada awal 2021 di AS: 

9 Januari: Lima orang tewas dalam penembakan di Evanston, Illinois, menurut afiliasi CNN, WLS.

24 Januari: Lima orang tewas dalam penembakan di Indianapolis, Indiana, menurut polisi.

2 Februari: Enam korban tewas tertembak di Muskeegee, Oklahoma.

13 Maret: Empat dalam perselisihan mengenai pemeriksaan stimulus di Indianapolis.

4 dari 5 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: