Sukses

19-3-1953: Penayangan Perdana Piala Oscar di Televisi

Minat publik terhadap Oscar tinggi sejak awal. Tahun 1953 menandai pertama kalinya Academy Awards disiarkan di media televisi.

Liputan6.com, Hollywood - Untuk pertama kalinya, pada tanggal 19 Maret 1953, penonton dapat duduk di ruang keluarga mereka dan menyaksikan penghargaan paling bergengsi di dunia film, Academy Awards atau Piala Oscar yang diberikan di RKO Pantages Theatre di Hollywood, California.

Diselenggarakan pada Mei 1927, Academy of Motion Picture Arts and Sciences dibayangkan sebagai organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk kemajuan industri film.

Academy Awards pertama diberikan pada Mei 1929, dalam sebuah acara dan jamuan makan yang diadakan di Blossom Room Hotel Hollywood Roosevelt. Tingkat ketegangan tidak ada, bagaimanapun, karena pemenang penghargaan telah diumumkan beberapa bulan sebelumnya.

Selama 10 tahun berikutnya, Akademi memberikan nama-nama pemenang ke surat kabar untuk diterbitkan pada pukul 11 ​​malam. Pada malam acara penghargaan; ini berubah setelah satu makalah melanggar kesepakatan diam-diam dan menerbitkan hasilnya dalam edisi malam, sebelum acara dimulai.

Sistem amplop tertutup dimulai di tahun berikutnya, dan bertahan hingga hari ini, menjadikan malam Oscar acara paling ditunggu Hollywood tahun ini. Minat publik terhadap Oscar tinggi sejak awal, dan sejak tahun kedua acara tersebut diliput dalam siaran radio langsung. Tahun 1953 menandai pertama kalinya Academy Awards disiarkan di media televisi yang masih baru.

Jaringan TV National Broadcasting Company (NBC) mengadakan acara penghargaan tahunan ke-25 secara langsung dari Teater RKO Pantages Hollywood.

Bob Hope adalah pembawa acara, sementara Fredric March, pemenang Academy Award dua kali untuk Aktor Terbaik (untuk Dr. Jekyll dan Mr. Hyde tahun 1932 dan The Best Years of Our Lives tahun 1946), mempersembahkan penghargaan tersebut.

Piala untuk Film Terbaik dimenangkan oleh Cecil B. DeMille's The Greatest Show on Earth, sementara John Ford memenangkan Sutradara Terbaik untuk The Quiet Man. Pemenang dalam dua kategori akting teratas adalah Gary Cooper (High Noon) dan Shirley Booth (Come Back, Little Sheba).

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Tidak Disiarkan Lagi Untuk 10 Tahun

Harapan, bintang panggung dan layar lebar yang tanpa lelah tampil di pertunjukan United Service Organization (USO) untuk pasukan Amerika selama Perang Dunia II, akan menjadi andalan media TV baru itu. Dia juga pembawa acara Academy Awards yang paling dihormati, menjadi MC tidak kurang dari 18 kali antara 1939 dan 1977.

NBC menyiarkan Oscar hingga 1961, ketika American Broadcasting Company (ABC) mengambil alih untuk dekade berikutnya, termasuk penghargaan pertama yang disiarkan di color pada tahun 1966.

Meskipun NBC sempat tampil kembali di awal tahun 1970-an, ABC kembali menjadi yang teratas pada tahun 1976 dan telah menyiarkan setiap acara Academy Awards sejak saat itu. Jaringan tersebut terikat kontrak untuk terus menayangkan Oscar hingga 2028.

Rating untuk Academy Awards terkenal tidak merata, dengan lebih banyak penonton yang cenderung menonton ketika hit box-office dinominasikan untuk penghargaan terkenal seperti Film Terbaik.

Ketika Titanic menang besar pada tahun 1998, misalnya, siaran Oscar menarik 55 juta penonton; kemenangan The Lord of the Rings: The Return of the King pada tahun 2004 menarik 44 juta orang.

Acara Penghargaan Akademi ke-80, yang diadakan pada bulan Februari 2008, mendapatkan peringkat terendah dalam sejarah siaran hingga saat itu, dengan total sekitar 32 juta pemirsa - hanya 18,7 persen dari rumah Amerika - menonton siaran tersebut.

Analis menyalahkan ketidakjelasan relatif dari nominasi Film Terbaik — pemenang, No Country For Old Men, menghasilkan $ 64 juta yang relatif kecil di box office — dan efek yang tersisa dari pemogokan penulis Hollywood untuk jumlah penonton yang buruk.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.