Sukses

India Catat Kasus COVID-19 Harian Tertinggi Sejak Awal Tahun 2021

Liputan6.com, New Delhi - India telah mencatat lonjakan kasus COVID-19 harian tertinggi pada tahun ini, pada Senin (15/3), dengan 26.110 kasus virus corona baru dilaporkan dalam 24 jam terakhir.

Negara bagian barat Maharashtra, yang telah lama menjadi pusat penyebaran virus, menyumbang lebih dari setengah infeksi baru.

Mengutip BBC, Senin (15/2021), beban kasus India mulai menurun pada awal 2021, tetapi kepatuhan yang buruk terhadap protokol kesehatan COVID-19 tampaknya mendorong lonjakan baru di beberapa negara bagian.

India sejauh ini mencatat lebih dari 11 juta kasus COVID-19 dan 158.000 kematian. 

Para ilmuwan sedang mencari varian baru di tengah kekhawatiran bahwa mereka bisa menjadi salah satu alasan peningkatan tersebut.

Yang lainnya adalah kelemahan dalam mengikuti protokol keamanan COVID-19

Kurangnya kepatuhan penggunaan masker dan jarak sosial, serta pengecekan yang buruk telah menambah lonjakan di Maharashtra, kata Dr Sanjay Oak, anggota satuan tugas Covid, kepada BBC baru-baru ini. 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Vaksin COVID-19 di India

Lonjakan terbaru datang lebih awal dalam upaya vaksinasi India, yang dimulai pada Januari. Hampir 30 juta orang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19 sejauh ini.

Peluncuran tersebut saat ini menargetkan orang tua dan orang-orang dengan penyakit penyerta, tetapi diharapkan dapat berkembang lebih jauh dalam waktu dekat.

Pemerintah di Maharashtra menempatkan distrik Nagpur, yang memiliki beban kasus aktif tertinggi kedua di negara itu, diisolasi minggu lalu. Itu adalah penguncian kedua di negara bagian itu, yang saat ini memiliki jumlah kasus aktif dan terkonfirmasi tertinggi di India.

Distrik lain telah mengikuti dengan pembatasan seperti jam malam dan penutupan pasar untuk membendung peningkatan kasus.

Enam negara bagian lainnya - Kerala, Punjab, Karnataka, Gujarat, Tamil Nadu dan Madhya Pradesh - juga melaporkan lonjakan infeksi.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini: