Sukses

Keluarga George Floyd Terima Ganti Rugi Rp 388 Miliar

Liputan6.com, Minneapolis - Kota Minneapolis sepakat untuk memberikan uang settlement sebesar US$ 27 juta (Rp 388 miliar) kepada keluarga George Floyd. Pria keturunan Afrika-Amerika itu tewas saat ditangkap polisi di Minneapolis pada Mei 2020.

Dilaporkan NPR, Sabtu (13/3/2021), dana tersebut didukung oleh Dewan Kota Minneapolis.

"Saya atas nama seluruh Dewan Kota menyampaikan bela sungkawa mendalam kepada keluarga George Floyd, sahabat-sahabatnya, dan semua orang di komunitas kita yang berduka atas kepergiannya," kata Presiden Dewan Kota Minneapolis Lisa Bender.

"Tidak ada jumlah uang yang bisa menjawab rasa sakit yang intens atau trauma yang disebabkan oleh kematian ini bagi keluarga George Floyd atau masyarakat kota kita," lanjutnya.

Uang tersebut adalah hasil dari gugatan pada Juli 2020 kepada kota Minneapolis dan empat mantan polisi yang terlibat pada penahanan fatal George Floyd.

Tim kuasa hukum keluarga George Floyd berkata pejabat-pejabat lokal tidak peduli untuk memperbaiki praktek penahanan berbahaya yang dilakukan pada polisi, atau melatih polisi secara layak terkait penggunaan kekerasan.

2 dari 4 halaman

Empat Polisi

Anggota keluarga Floyd, Bridgett Floyd, mengaku senang karena salah satu bagian kasus Floyd terselesaikan.

"Keluarga kami menderita kehilangan yang tak tergantikan pada 25 Mei ketika kehidupan George direnggut aparat polisi Minneapolis tanpa perasaan," ujarnya.

"Meski kita tidak akan bisa mendapatkan kembali saudara tercinta kita George, kita akan lanjut bekerja tanpa lelah agar dunia ini menjadi tempat yang lebih baik dan aman untuk semuanya," ucapnya.

Empat polisi yang terlibat, yakni Derek Chauvin, Tou Thao, Thomas Lane, dan J. Alexander Kueng juga didugat melanggar Amandemen Keempet AS karena memakai kekuatan mereka secara berlebihan tanpa justifikasi.

Mereka telah dipecat dari kepolisian dan menghadapi gugatan kriminal.

3 dari 4 halaman

Lokasi Kematian Menjadi Memorial

Perempatan tempat terbunuhnya George Floyd dijadikan memorial oleh simpatisannya. Pemerintah setempat berkata ingin membuat persembahan permanen di lokasi tersebut.

Minneapolis juga berjanji akan mendorong penyembuhan rasial serta keadilan.

"Setahun belakangan ini secara dramatis mengubah trayektori kota kita, dan hari ini menandakan pijakan dalam membentuk masa depan yang lebih adil bagi Minneapolis," kata Wali Kota Jacob Frey.

Tahun lalu, Jacob Frey juga sempat disoraki ramai-ramai oleh para pendemo. Rekaman tersebut viral.

Demo George Floyd terjadi secara meluas di Amerika Serikat, dan ada beberapa negara yang ikut. Menurut laporan Axios, kerusakan akibat demo George Floyd mencapai US$ 1 miliar.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: