Sukses

Ratu Elizabeth Prihatin dengan Isi Wawancara Heboh Pangeran Harry dan Meghan Markle

Ratu Elizabeth akhirnya ikut merespon klaim yang dibuat oleh Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle.

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth akhirnya membuka suara perihal klaim rasisme yang merusak diungkap oleh Duke dan Duchess of Sussex, Pangeran Harry dwn istrinya Meghan Markle. Ratu menyatakan masalah tersebut akan ditangani "secara pribadi" oleh keluarga kerajaan.

Mengutip The Guardian, Rabu (10/3/2021), Ratu mengungkap "keprihatinannya" atas tuduhan rasisme dan kesedihannya saat mengetahui betapa pasangan tersebut merasa kesulitan atas kehidupan dan tugas sebagai bangsawan, meskipun dia mengatakan beberapa peristiwa terjadi secara berbeda.

Istana Buckingham akhirnya memecah keheningan pada Selasa malam atas klaim yang dibuat Meghan dan Harry dalam sebuah wawancara dengan Oprah Winfrey. 

Meghan mengungkap pernah merasa ingin bunuh diri, sementara pasangan itu mengatakan seorang anggota keluarga kerajaan bertanya tentang kemungkinan seberapa gelap kulit anak mereka yang akan lahir.

Setelah tekanan yang meningkat untuk menanggapi, pernyataan singkat yang dikeluarkan atas nama Ratu berbunyi: “Seluruh keluarga sedih mengetahui sepenuhnya betapa menantang beberapa tahun terakhir ini bagi Harry dan Meghan. Isu yang diangkat, terutama ras, sangat memprihatinkan. Meskipun beberapa ingatan mungkin berbeda, ingatan itu ditanggapi dengan sangat serius dan akan ditangani oleh keluarga secara pribadi."

"Harry, Meghan, dan Archie akan selalu menjadi anggota keluarga yang sangat dicintai."

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tudingan Harry dan Meghan

Pernyataan itu menyusul pembicaraan krisis selama dua hari di antara anggota bangsawan senior dan pembantu istana tentang cara terbaik menangani dampak publik dari wawancara tersebut.

Istana Buckingham tidak memiliki peringatan sebelumnya tentang apa yang pasangan itu katakan sebelum siaran di CBS pada Senin dini hari, yang ditonton oleh lebih dari 11 juta pemirsa Inggris pada Senin malam.

Tuduhan pasangan itu, terutama tentang ras dan masalah kesehatan mental, menyebabkan seruan untuk dilakukannya penyelidikan oleh istana. 

Pernyataan istana menunjukkan bahwa Ratu menginginkan adanya pertemuan pribadi dengan pasangan tersebut sebagai cara terbaik untuk menyelesaikan masalah ini.

Pasangan itu setuju dengan wawancara oleh Oprah untuk membagikan "kebenaran mereka". Kata-kata dalam pernyataan Ratu menunjukkan bahwa anggota keluarga kerajaan lainnya mungkin memiliki kebenaran yang berbeda, tetapi tidak ada tanda-tanda kritik dari pasangan tersebut di dalamnya.

Tidak jelas masalah apa yang dirujuk Ratu ketika dia mengatakan "ingatan mungkin berbeda" tetapi itu bisa merujuk pada komentar atas warna kulit Archie, atau, mungkin, fakta pasangan itu percaya protokol harus diubah untuk menyangkal putra mereka gelar otomatis. pangeran ketika Charles naik tahta.

Ratu menekankan kasih sayangnya untuk pasangan itu, dengan penegasan hangat bahwa mereka akan tetap menjadi anggota "yang paling dicintai" dari keluarganya, seperti yang telah dia lakukan dalam semua pernyataan resminya tentang masalah kepergian mereka sebagai bangsawan yang bekerja.

3 dari 3 halaman

Istana Bantah

Pernyataan yang terdiri dari tiga paragraf dan 61 kata itu tidak mengandung kecaman atas peristiwa tertentu yang diduga rasis, meskipun Ratu mengakui ras sebagai salah satu masalah utama yang diangkat. Ia juga tidak menyatakan "kebenaran" pasangan itu sebagai sesuatu yang mutlak, yang pada dasarnya menunjukkan istana membantah beberapa klaim.

Itu terjadi ketika Pangeran Charles terlihat di depan umum untuk pertama kalinya sejak tuduhan itu ditayangkan. Saat mengunjungi pusat vaksinasi di London utara, dia ditanyai oleh seorang jurnalis apa pendapatnya tentang wawancara tersebut. Dia tertawa dan terus berjalan tanpa berkomentar.

Boris Johnson menolak mengomentari masalah itu. Namun, pada hari Selasa, Downing Street menolak lima peluang untuk menjauhkan diri dari tweet oleh Zac Goldsmith, menteri, rekan Konservatif sekaligus sekutu perdana menteri, dengan mengatakan Harry telah "meledakkan keluarganya" dan menambahkan: "Apa yang Meghan inginkan, Meghan dapatkan.”

Ada tekanan yang meningkat untuk tanggapan Istana Buckingham terhadap klaim tersebut. 

Sekretaris kesehatan bayangan, Jonathan Ashworth, mengatakan kepada program Today BBC Radio 4 bahwa "tuduhan telah dibuat - mereka jelas perlu dilihat", menambahkan itu adalah masalah istana. 

Pemimpin Partai Buruh, Keir Starmer, mengatakan bahwa masalah yang diangkat “lebih besar dari keluarga kerajaan” dan “selama bertahun-tahun kami terlalu meremehkan dan terlalu mengesampingkan masalah ini”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.