Sukses

Video Detik-Detik Menakjubkan Rover NASA Mendarat di Planet Mars

Liputan6.com, Mars - NASA merilis video terbaru pendaratan di planet Mars. Fenomena bersejarah itu dilakukan oleh rover misi antariksa Perseverance

Perseverance mendarat di Mars pada 18 Februari 2021 untuk mengumpulkan batuan. 

Berikut video pendaratan yang baru dirilis oleh NASA: 

Video NASA menunjukan video ketika parasut Perseverance terbuka. Suara laporan di video itu menggambarkan kecepatan saat melakukan pendaratan.

Berikutnya terlihat permukaan merah planet Mars yang dipantau kamera Perseverance. Altitude Perserverance terus dilaporkan di video tersebut, seperti saat di ketinggian 7,4 km, lalu 4,2 km, dan seterusnya.

Kamera tampak semakin jelas sebagaimana Perseverance hanya beberapa meter dari daratan. Pola tanah di permukaan Mars terlihat seperti tanah merah yang berpasir, hingga akhirnya melakukan touchdown.

"Perseverance secara aman mencapai permukaan Mars," ujar suara wanita tersebut. Pengumuman itu lantas disambut sorak sorai pegawai NASA yang memantau dari Bumi.

2 dari 4 halaman

Sempat Kirim Foto

Sebelumnya, misi antariksa NASA, yakni Perseverance, mengirimkan foto terbaru planet Mars. Foto itu langsung diambil Perseverance ketika baru sampai di Mars pada Kamis 18 Februari 2021.

Foto yang diambil dari Perseverance agak tertutup debu, namun permukaan, batuan, bahkan bayangan dari Perseverance tampak jelas di permukaan Mars.

NASA menjelaskan bahwa tujuan misi Perseverance di Mars adalah untuk astrobiologi, salah satunya mencari tanda kehidupan mikrobial.

Perseverance akan mempelajari geologi dan iklim Mars di masa lalu. Hal itu akan membuka jalan bagi eksplorasi manusia di Mars.

Perseverance juga akan menjadi misi pertama yang mengumpulkan batuan dan regolit dari Mars.

 

3 dari 4 halaman

Menjelajah Mars

NASA saat ini sedang mempertimbangkan misi-misi berikutnya bersama European Space Agency (ESA).

Wacananya adalah mengirim pesawat luar angkasa ke Mars untuk mengambil sampel-sampel yang dikumpulkan oleh Perseverance dan dibawa kembali ke Bumi untuk analisasi mendalam.

Sebagai informasi, Perseverance dibangun dan dikelola oleh Jet Propulsion Laboratory milik NASA yang berlokasi di Southern California. 

Perseverance diluncurkan pada 30 Juli 2020.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: