Sukses

Melahirkan Saat Terinfeksi COVID-19, Ibu di AS Berhasil Pulih dari Koma dan Bertemu Bayinya

Berikut adalah cerita haru seorang ibu di Wisconsin, AS yang berhasil pulih dari koma usai melahirkan saat sakit parah karena COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta- Kisah mengharukan datang dari seorang ibu asal Wisconsin, Amerika Serikat (AS) yang melahirkan bayinya dalam keadaan koma karena terinfeksi Virus Corona COVID-19. 

Seorang ibu bernama Kelsey Townsend, kini bisa bertatap muka dengan bayinya setelah melahirkan anak keempatnya tersebut tiga bulan lalu.

Bayi tersebut pun diberikan nama "Lucy" oleh sang ibu.

"Hai. mencintaimu. Aku sangat mencintaimu. Ya, aku merindukanmu, "kata Kelsey Townsend pada bayinya, seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (4/2/2021).

Kelsey Townsend sebelumnya mengalami koma karena terinfeksi COVID-19 ketika ia melahirkan Lucy melalui operasi caesar pada 4 November 2020 lalu, tidak lama setelah tiba di SSM Health St Mary's Hospital di Madison, Wisconsin, AS. 

Ia kemudian menghabiskan 75 hari dalam keadaan koma dan dengan dukungan ventilator.

Namun akhirnya, Townsend berhasil bangun dari koma dan bertemu dengan Lucy pada 27 Januari lalu, ketika ia dipulangkan dari rumah sakit.

“Kami langsung terikat saat bertemu. Dia memberi saya senyuman lebar dan menatap saya seolah dia tahu persis siapa saya dan itu membuat saya merasa sangat bahagia," ungkap ibu empat anak asal Poynette, Wisconsin, itu.

Dr Jennifer Krupp, seorang spesialis Pengobatan Janin Ibu dan Direktur Medis Kesehatan Perempuan dan Bayi Baru Lahir untuk SSM Health Wilayah Wisconsin, mengatakan pihaknya jarang mendapati kasus ibu yang melahirkan saat sakit parah karena COVID-19.

Saat tiba di rumah sakit, saturasi oksigen Townsend sangat rendah - sehingga memungkinkan otak janin dan organ lainnya rusak - dan kulitnya berwarna abu-abu dan biru, kata Dr. di rumah sakit di Madison, Thomas Littlefield.

Pada saat itu, para dokter mengira Townsend mungkin memerlukan transplantasi paru ganda pada akhir Desember 2020. 

Tetapi kondisi Townsend kemudian mulai membaik - sehingga dia dipindahkan dari unit perawatan intensif, dilepas dari ventilator pada pertengahan Januari 2020, dan dikeluarkan dari daftar tunggu transplantasi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cerita Penantian Keluarga untuk Kesembuhan Sang Ibu

Suami Townsend, Derek Townsend, menggambarkan pengalaman itu sebagai "roller coaster besar".

"Ada banyak sekali malam di mana saya mendapat panggilan telepon larut malam hingga dini hari, dan para dokter memberi tahu saya bahwa mereka telah melakukan semua yang mereka bisa untuk mendukung Kelsey dan mereka mengalami kesulitan untuk menstabilkannya," kata Derek Townsend.

"Jadi kami sempat mengira akan kehilangan dia (Kelsey)," ujar Derek Townsend.

Derek Townsend mengatakan bahwa bayi perempuannya pun tampaknya menyadari ada seseorang yang hilang ketika istrinya masih menjalani perawatan di rumah sakit.

"Tiga bulan terakhir bersama Lucy, seperti yang kami ketahui, kepalanya selalu bergerak dan dia selalu melihat sekitarnya. Dan saya memberi tahu Kelsey bahwa saya yakin dia terus mencarinya," ungkapnya.

Ia dan istrinya tertular COVID-19 meskipun telah melakukan tindakan pencegahan, menurut Derek Townsend.

Saat Derek Townsend membaik, namun kondisi istrinya semakin memburuk. Saat itulah mereka pergi ke rumah sakit.

"Keluarga adalah segalanya bagiku," kata Kelsey Townsend.

"Jadi saya memiliki segalanya untuk ditinggali di sini dan pulang ke rumah. Tidak ada pertanyaan yang mengatakan bahwa saya tidak ingin bersama mereka," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Infografis 10 Tips Sehat dan Sembuh dari COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.