Sukses

Selang Tiga Pekan, Joe Biden Terima Vaksin COVID-19 Dosis Kedua

Presiden terpilih Joe Biden telah menerima dosis kedua dari vaksin COVID-19.

Liputan6.com, Delaware - Presiden terpilih Joe Biden pada hari Senin (11/1) telah menerima dosis kedua dari vaksin COVID-19, tiga pekan setelah mendapatkan yang pertama dan disiarkan langsung di televisi dalam upaya untuk meyakinkan publik Amerika bahwa vaksinasi itu aman.

Vaksin Pfizer-BioNTech membutuhkan suntikan kedua sekitar tiga minggu setelah vaksinasi pertama. Untuk vaksin lain yang diproduksi oleh Moderna, waktunya empat minggu. Vaksin sekali pakai masih menjalani pengujian.

Biden melepas jaket olahraganya untuk memperlihatkan kaus lengan pendek berwarna gelap di dalamnya dan berkata, "Siap, siap, berangkat." 

Mengutip laman Channel News Asia, Selasa (12/1/2021), Kepala Eksekutif Perawat Ric Cumin memberikan vaksin Pfizer di Rumah Sakit Christiana di Newark, Delaware, dekat dengan rumah presiden terpilih.

Proses vaksinasi tersebut ditayangkan di sejumlah saluran berita beberapa saat setelah selesai. 

Biden mendapatkan vaksin dosis pertamanya pada 21 Desember dalam prosedur yang disiarkan televisi. 

Virus Corona COVID-19 sekarang telah menewaskan hampir 375.000 orang di Amerika Serikat - sekitar 60.000 lebih banyak daripada ketika presiden terpilih mendapatkan putaran pertama vaksinasi - dan terus meningkat di seluruh dunia.

Dalam komentar singkat kepada wartawan setelah menerima vaksinasi, Biden mengatakan dia percaya pada tim penangkal COVID-19 untuk mencapai target tingkat vaksinasi yang ambisius setelah dia menjabat pada 20 Januari. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Janji Pemerintahan Biden Rilis Vaksin

Tim transisi Biden telah berjanji untuk merilis dosis vaksin sebanyak mungkin, daripada melanjutkan kebijakan Trump yang menahan jutaan dosis untuk memastikan bahwa akan ada pasokan yang cukup untuk memungkinkan mereka yang mendapatkan suntikan pertama akan mendapatkan yang kedua. 

Tujuan Biden adalah melindungi lebih banyak orang, lebih cepat, timnya mengumumkan pekan lalu.

Rencana tersebut tidak akan melibatkan pemotongan dua dosis vaksin, strategi yang direkomendasikan oleh para ilmuwan pemerintah terkemuka. 

Sebaliknya, itu akan mempercepat pengiriman dosis pertama dan menggunakan pengungkit kekuasaan pemerintah untuk menyediakan dosis kedua yang dibutuhkan secara tepat waktu.

Seperti Biden, Wakil Presiden Mike Pence dan para pemimpin nasional lainnya mendapatkan vaksinasi putaran pertama sebelum Natal. 

Hingga kini Presiden Donald Trump belum menerima vaksin, meskipun dia dirawat di rumah sakit karena COVID-19 pada bulan Oktober dan diberi perawatan antibodi monoklonal eksperimental yang dia kreditkan atas pemulihannya yang cepat. 

Dewan penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan bahwa orang yang menerima pengobatan tersebut harus menunggu setidaknya 90 hari untuk divaksinasi untuk menghindari kemungkinan gangguan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.