Sukses

Menhub Elaine Chao Masuk Daftar Pejabat AS yang Mundur Pasca-Ricuh di Capitol Hill

Liputan6.com, Washington D.C- Menteri Perhubungan Amerika Serikat, Elaine Chao mengatakan pada Kamis (7 Januari 2021) bahwa dia mengundurkan diri dari jabatannya.

Mundurnya Chao dari jabatannya terjadi menyusul peristiwa penyerbuan di gedung Capitol Hill yang dilakukan oleh para demonstran pro-Donald Trump pada 6 Januari. 

Chao menyebut kericuhan yang terjadi di Capitol Hill itu baginya adalah peristiwa traumatis, yang seharusnya dapat dihindari dan tidak dilakukan oleh massa. 

"Peristiwa traumatis dan sepenuhnya dapat dihindari karena para pendukung presiden (Donald Trump) menyerbu gedung Capitol ," tutur Chao, seperti dikutip dari AFP, Jumat (8/1/2021). 

"Itu sangat mengganggu saya dengan cara yang tidak bisa saya kesampingkan," lanjutnya. 

Sebelumnya, di hari yang sama, mantan kepala staf kepresidenan AS Mick Mulvaney juga mengungkapkan bahwa ia mengundurkan diri dari jabatan diplomatiknya untuk memprotes terjadinya kekerasan dari massa. 

"Saya tidak bisa tinggal di sini, tidak setelah apa yang terjadi kemarin. Anda tidak bisa melihat peristiwa itu kemarin dan berpikir bahwa saya ingin menjadi bagian dari tindakan itu dengan cara, bentuk atau bentuk apa pun," ujar Mulvaney kepada stasiun televisi CNBC.

Mulvaney, yang telah bekerja sebagai utusan khusus AS untuk Irlandia Utara, mengatakan bahwa ia telah memberi tahu Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo tentang pengunduran dirinya.

"Mereka yang memilih untuk tetap menjabat, dan saya telah berbicara dengan beberapa dari mereka, memilih untuk tetap bekerja karena mengkhawatirkan presiden," sebut Mulvaney.

2 dari 4 halaman

Beberapa Pengunduran Diri oleh Pejabat Gedung Putih Lainnya

Sebelum Chao dan Mulvaney, Deputi Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Matt Pottinger juga mengundurkan diri dari jabatannya. 

Adapun pengunduran diri lainnya yang juga dilakukan oleh Stephanie Grisham, yang merupakan mantan sekretaris pers Gedung Putih dan yang sekarang menjabat sebagai Kepala Staf Ibu Negara AS Melania Trump.

Kericuhan yang terjadi di Gedung Capitol Hill di Washington D.C pada 6 Januari memicu spekulasi bahwa terjadinya pengunduran diri pejabat-pejabat senior AS akan semakin bertambah.

Spekulasi itu termasuk soal Robert O'Brien, yang memegang jabatan utama sebagai Penasihat Keamanan Nasional dan telah dilaporkan mempertimbangkan pengunduran diri.

Tetapi Senator Republik Lindsey Graham, memohon kepada para pejabat tinggi AS untuk tetap bekerja demi stabilitas.

"Kepada mereka yang percaya bahwa mereka harus meninggalkan jabatannya sekarang, saya akan mendesak kalian untuk tidak melakukannya," kata Graham, mendesak O'Brien secara khusus untuk "tetap tinggal."

3 dari 4 halaman

Infografis Rusuh di Capitol Hill AS

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: