Sukses

Ini Negara-Negara yang Melaporkan Kasus Varian Baru Virus Corona COVID-19

Liputan6.com, London - Kasus varian baru virus corona COVID-19 yang lebih menular pertama kali diidentifikasi di Inggris. Kini, virus itu telah dikonfirmasi di beberapa negara Eropa serta Kanada dan Jepang.

Infeksi yang terkait dengan orang-orang yang tiba dari Inggris dilaporkan di Spanyol, Swiss, Swedia, dan Prancis.

Namun kasus unik terjadi di Kanada. Sepasang suami istri yang ditemukan terinfeksi di Ontario disebut tidak memiliki riwayat perjalanan atau kontak berisiko tinggi yang diketahui, kata para pejabat.

Sementara itu, Jepang telah melarang sebagian besar warga negara asing non-penduduk memasuki negara itu selama sebulan dari Senin 21 Desember.

Sejak melaporkan infeksi pada lima penumpang yang semuanya telah tiba dari Inggris, negara itu telah mengkonfirmasi dua kasus lagi, salah satunya dikatakan sebagai kasus penularan di dalam negeri.

Berita tentang varian baru virus corona COVID-19 ini memicu pembatasan perjalanan di seluruh dunia pekan lalu.

Sementara itu, beberapa negara Uni Eropa telah mulai memvaksinasi orang-orang terhadap virus menjelang peluncuran yang dikoordinasikan di seluruh negara blok pada hari Minggu.

Petugas kesehatan di Jerman timur laut mengatakan mereka tidak siap menunggu satu hari lagi untuk mendistribusikan vaksin Pfizer-BioNTech yang baru disetujui. Mereka mulai dengan mengimunisasi penduduk lanjut usia dari panti jompo di Halberstadt.

Di Hungaria, kantor berita negara mengatakan penerima pertama vaksin adalah para dokter di Rumah Sakit Pusat Del-Pest. Pihak berwenang di Slowakia juga mengatakan mereka telah mulai memvaksinasi.

Kepala Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, telah merilis video di Twitter yang merayakan peluncuran vaksin, menyebutnya sebagai "momen menyentuh persatuan. 

Para ilmuwan mengatakan varian baru virus corona COVID-19 mungkin telah terlihat di Inggris terlebih dahulu karena kekuatan sistem pengawasan negara itu.

Varian baru ini jauh lebih mudah 'diterjemahkan' daripada strain sebelumnya tetapi belum tentu lebih berbahaya bagi mereka yang terinfeksi, kata para ahli.

2 dari 4 halaman

Penyebaran Varian Baru Virus Corona COVID-19 di Dunia

Mereka yang terinfeksi di Kanada adalah pasangan dari Durham, dekat Toronto, yang sekarang mengisolasi diri.

Di Jepang, dua kasus baru itu adalah seorang pilot berusia 30-an yang kembali ke Jepang dari London pada 16 Desember dan seorang wanita berusia 20-an, salah satu anggota keluarganya tanpa riwayat mengunjungi negara itu, Kyodo News melaporkan.

Di bawah penangguhan perjalanan pada Senin 21 Desember, warga negara Jepang dan penduduk non-Jepang yang berada di luar negeri akan diizinkan untuk kembali, dan beberapa pelancong seperti pengusaha akan diizinkan masuk dari sejumlah kecil negara-negara Asia.

Di Spanyol, empat kasus varian baru dikonfirmasi di Madrid. Tidak satu pun dari pasien, yang semuanya bepergian dari Inggris, sakit parah.

Swiss mengidentifikasi tiga kasus, dua di antaranya diketahui adalah warga negara Inggris yang saat ini berada di negara itu. Swiss sendirian di Eropa dalam menjaga lereng skinya terbuka untuk pariwisata selama periode Natal dan Tahun Baru, dan ribuan wisatawan dari Inggris telah tiba dalam beberapa minggu terakhir.

Di Swedia, badan kesehatan mengatakan seorang pelancong di sana positif, tetapi telah mengisolasi diri sejak dia kembali dari Inggris.

Prancis mengkonfirmasi kasus pertamanya dari varian baru --seorang warga negara Prancis di kota pusat Tours yang telah tiba dari London pada 19 Desember, kata kementerian kesehatan.

Pria itu, yang telah tinggal di Inggris, disebut tidak bergejala dan saat ini mengisolasi diri di rumah, kata kementerian itu.r4

Prancis menutup perbatasannya dengan Inggris setelah varian baru itu dikonfirmasi di Inggris tetapi mengakhiri larangannya untuk warga negara Uni Eropa pada hari Rabu 23 Desember, mewajibkan orang-orang dites negatif sebelum bepergian.

Ribuan pengemudi menghabiskan Hari Natal di kendaraan mereka di Kent menunggu diizinkan untuk menyeberangi Selat Inggris.

Kasus di Denmark, Jerman, Italia, Belanda, dan Australia juga telah dilaporkan sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Soal Varian Baru

Varian baru yang pertama kali terdeteksi di Inggris selatan pada September 2020 disalahkan atas kenaikan tajam dalam tingkat tes positif dalam beberapa minggu terakhir di London, Inggris tenggara dan timur Inggris.

Sekitar dua pertiga orang yang menguji positif di area ini dapat memiliki varian baru --tetapi ini hanya perkiraan, kata Kantor Statistik Nasional (ONS).

Tiga hal tentang varian baru yang menarik perhatian:

o Menggantikan versi lain dari virus

o Memiliki mutasi yang mempengaruhi bagian dari virus cenderung penting. Beberapa mutasi tersebut telah ditunjukkan di laboratorium untuk meningkatkan kemampuan virus untuk menginfeksi sel. Semua ini membangun kasus untuk virus yang dapat menyebar lebih mudah, BBC melaporkan

o Para ahli mengatakan vaksin terkemuka yang dikembangkan dalam beberapa bulan terakhir masih harus 'diusahakan'.

4 dari 4 halaman

Simak video pilihan berikut: