Sukses

Wabah Flu Burung A H5N6 Merebak di Vietnam Utara, 1.000 Unggas Dimusnahkan

Provinsi di Vietnam utara melaporkan wabah flu burung A H5N6 di tengah pandemi Virus Corona COVID-19 yang belum usai.

Liputan6.com, Hanoi - Di tengah pandemi Virus Corona COVID-19, wabah flu burung A/H5N6 atau A H5N6 dilaporkan terdeteksi di Provinsi Quang Ninh, Vietnam utara. Menyebabkan hampir 1.000 unggas terpaksa dimusnahkan, demikian dilaporkan Kantor Berita Vietnam pada Rabu 23 Desember 2020.

Laporan Xinhua News, Kamis (24/12/2020) menyebut, wabah flu burung itu terdeteksi pada pertengahan Desember di Komune Song Khoai.

Menurut Departemen Kesehatan Hewan dan Ternak provinsi tersebut, wabah itu merupakan wabah flu burung keempat yang dilaporkan di Provinsi Quang Ninh tahun ini.

Wabah tersebut merebak saat para peternak lokal gagal mengendalikan risiko penularan dan tidak mendaftarkan ternak baru mereka, demikian dilansir kantor berita Vietnam itu.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wabah Menjangkiti 28 Provinsi

Sejauh tahun ini, flu burung sudah menjangkiti 84 komune di 28 provinsi dan kota di Vietnam.

Sedangkan flu babi Afrika berdampak terhadap lebih dari 1.500 komunitas di 50 provinsi dan kota, papar Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam.

Kementerian itu sudah meminta otoritas terkait untuk "mengerahkan sumber daya dan mengambil langkah-langkah drastis" agar dapat secara proaktif mengendalikan berbagai penyakit, termasuk flu babi Afrika, flu burung, serta foot and mouth disease. Hal itu dilakukan guna menjamin pasokan makanan sebelum, selama, dan setelah Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Februari tahun depan.

3 dari 3 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar COVID-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.