Sukses

Serba-Serbi Strain Baru Virus Corona COVID-19, Masih Bisakah Vaksin Jadi Solusi?

Penyebaran strain baru Virus Corona COVID-19 diprediksi jauh lebih cepat di Inggris. Akankah vaksin buatan peneliti mampu menahannya?

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran yang cepat dari varian baru virus Corona COVID-19 disebut menjadi penyebab penerapan kebijakan aturan baru ke tingkat empat yang lebih ketat bagi jutaan orang di Inggrs.

Pembatasan ketat pada saat Natal ini tak hanya terjadi di Inggris, melainkan Skotlandia dan Wales. Sejumlah negara --saat ini sudah ada 10 -- juga melarang kedatangan warga Inggris akibat temuan strain baru Virus Corona di Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Bagaimana itu bisa terjadi? Mengapa bentuk virus ini menyebar cepat dalam hitungan bulan?

Seperti yang diprediksi sebelumnya, Virus Corona COVID-19 bermutasi setiap saat dan sangat penting untuk memantau apakah perilaku virus berubah, demikian dikutip dari laman BBC, Senin (21/12/2020).

Mengapa Varian Ini Menimbulkan Kekhawatiran?

Ada tiga hal yang menarik perhatian dari temuan strain baru Virus Corona ini:

  1. Temuan strain baru ini dengan cepat menggantikan versi virus sebelumnya.
  2. Kemudian, temuan ini memiliki mutasi yang mempengaruhi bagian dari virus yang mungkin penting.
  3. Beberapa dari mutasi tersebut telah ditunjukkan di laboratorium untuk meningkatkan kemampuan virus menginfeksi sel.

Semua ini bersatu untuk membangun kasus Virus Corona strain baru yang dapat menyebar dengan lebih mudah.

Namun, peneliti tidak memiliki kepastian mutlak. Strain baru dapat menjadi lebih umum hanya dengan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat - seperti London, yang sebelumnya memberlakukan aturan penutupan tingkat dua.

Tapi, kini sudah ada alasan bagi otoritas untuk melakukan pembatasan tingkat empat, sebagai langkah untuk mengurangi penyebaran strain baru Virus Corona tersebut.

"Eksperimen laboratorium diperlukan, tetapi apakah Anda ingin menunggu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk melihat hasil dan mengambil tindakan untuk membatasi penyebaran? Mungkin tidak dalam keadaan ini," kata Prof Nick Loman, dari COVID-19 Genomics UK Consortium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seberapa Cepat Penyebarannya?

Ini pertama kali terdeteksi pada September 2020. Pada November, sekitar seperempat kasus di London adalah varian baru jenis virus tersebut. Ini mencapai hampir dua pertiga kasus pada pertengahan Desember.

Anda dapat melihat bagaimana strain baru tersebut mendominasi hasil pengujian di beberapa pusat, seperti Laboratorium Mercusuar Milton Keynes.

Matematikawan telah menjalankan angka-angka pada penyebaran varian yang berbeda, dalam upaya untuk menghitung berapa banyak sisi yang mungkin dimiliki.

Tetapi sulit untuk membedakan mana yang disebabkan oleh perilaku manusia dan mana yang disebabkan oleh virus.

Angka yang disebutkan oleh Perdana Menteri Boris Johnson, varian tersebut mungkin hingga 70 persen lebih dapat ditularkan. Dia mengatakan ini mungkin meningkatkan angka R - yang menunjukkan jika epidemi tumbuh atau menyusut - sebesar 0,4.

Angka 70 persen itu muncul dalam presentasi oleh Dr Erik Volz, dari Imperial College London, pada Jumat kemarin.

Selama pembicaraan dia berkata: "Ini benar-benar terlalu dini untuk mengatakan tapi dari apa yang kita lihat sejauh ini berkembang sangat cepat, itu tumbuh lebih cepat dari varian sebelumnya yang pernah tumbuh, penting untuk terus mengawasi ini."

Tidak ada angka yang pasti untuk seberapa jauh varian itu dapat menular. Para ilmuwan, yang karyanya belum dipublikasikan, telah memberi tahu saya angka-angka tersebut jauh lebih tinggi dan jauh lebih rendah dari 70 persen.

Tetapi masih ada pertanyaan tentang apakah itu lebih menular atau tidak.

"Jumlah bukti di domain publik sangat tidak memadai untuk menarik pendapat yang kuat atau tegas tentang apakah virus benar-benar meningkatkan penularan," kata Prof Jonathan Ball, ahli virus di Universitas Nottingham.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

3 dari 4 halaman

Seberapa Jauh Penyebarannya?

Varian tersebut diperkirakan muncul pada pasien di Inggris atau telah diimpor dari negara dengan kemampuan lebih rendah untuk memantau mutasi Virus Corona COVID-19.

Varian ini dapat ditemukan di seluruh Inggris, kecuali Irlandia Utara, tetapi sangat terkonsentrasi di London, Inggris Tenggara dan Inggris Timur. Kasus-kasus di tempat lain di negara ini tampaknya tidak terjadi.

Data dari Nextstrain, yang memantau kode genetik sampel virus di seluruh dunia, menunjukkan kasus di Denmark dan Australia berasal dari Inggris. Belanda juga telah melaporkan kasus.

Varian serupa yang muncul di Afrika Selatan memiliki beberapa mutasi yang sama, tetapi tampaknya tidak ada hubungannya dengan yang ini.

Apakah Ini Pernah Terjadi Sebelumnya?

Iya.

Virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, China, bukanlah virus yang sama yang akan Anda temukan di sebagian besar penjuru dunia.

Mutasi D614G muncul di Eropa pada ]Februari dan menjadi bentuk virus yang dominan secara global.

Lainnya, disebut A222V, tersebar di seluruh Eropa dan dikaitkan dengan liburan musim panas orang di Spanyol.

Apa yang kita ketahui tentang mutasi baru?

Analisis awal dari varian baru telah diterbitkan dan mengidentifikasi 17 perubahan yang berpotensi penting.

Ada perubahan pada protein lonjakan -- ini adalah kunci yang digunakan virus untuk membuka pintu ke sel-sel tubuh kita.

Satu mutasi yang disebut N501Y mengubah bagian terpenting dari lonjakan, yang dikenal sebagai "domain pengikat reseptor".

Di sinilah lonjakan melakukan kontak pertama dengan permukaan sel tubuh kita. Setiap perubahan yang mempermudah virus untuk masuk kemungkinan akan memberikan keunggulan.

"Kelihatan dan baunya seperti adaptasi yang penting," kata Prof Loman.

Mutasi lainnya -- penghapusan H69 / V70, di mana sebagian kecil lonjakan dihilangkan -- telah muncul beberapa kali sebelumnya, termasuk yang terkenal di cerpelai yang terinfeksi.

Pekerjaan oleh Prof Ravi Gupta di Universitas Cambridge menunjukkan mutasi ini meningkatkan infektivitas dua kali lipat dalam percobaan laboratorium.

Studi oleh kelompok yang sama menunjukkan bahwa penghapusan tersebut membuat antibodi dari darah para penyintas menjadi kurang efektif dalam menyerang virus.

Prof Gupta mengatakan kepada saya: "Ini meningkat pesat, itulah yang mengkhawatirkan pemerintah, kami khawatir, kebanyakan ilmuwan khawatir."

 

4 dari 4 halaman

Akankah Vaksin Bekerja Melawan Varian Baru?

Hampir pasti ya, atau setidaknya untuk saat ini.

Ketiga vaksin utama mengembangkan tanggapan kekebalan terhadap lonjakan yang ada, itulah sebabnya pertanyaan muncul.

Vaksin melatih sistem kekebalan untuk menyerang beberapa bagian virus yang berbeda, jadi meskipun bagian dari lonjakan telah bermutasi, vaksin tetap berfungsi.

"Tetapi jika kita membiarkannya menambahkan lebih banyak mutasi, maka Anda harus mulai khawatir," kata Prof Gupta.

"Virus ini berpotensi pada jalur pelarian vaksin, telah mengambil beberapa langkah pertama ke arah itu."

Pelepasan vaksin terjadi ketika virus berubah sehingga menghindari efek penuh dari vaksin dan terus menginfeksi orang.

Ini mungkin elemen paling mengkhawatirkan dari apa yang terjadi dengan virus.

Varian ini hanyalah yang terbaru untuk menunjukkan bahwa virus terus beradaptasi karena semakin banyak menginfeksi kita.

Sebuah presentasi oleh Prof David Robertson, dari Universitas Glasgow pada hari Jumat, menyimpulkan: "Virus mungkin akan dapat menghasilkan mutan yang lolos dari vaksin."

Itu akan menempatkan kita pada posisi yang mirip dengan flu, di mana vaksin perlu diperbarui secara rutin. Untungnya vaksin yang dimiliki sangat mudah untuk diubah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.