Sukses

Sah! Vaksin Pfizer Lolos Uji BPOM AS untuk Lawan COVID-19

Vaksin Pfizer lolos uji BPOM AS untuk penggunaan darurat melawan COVID-19

Liputan6.com, Washington, D.C. - Vaksin Pfizer mendapat izin dari BPOM AS untuk dipakai melawan COVID-19. Izin yang didapat adalah izin darurat atau Emergency Authorization Use (EAU). 

BPOM AS menyorot bahwa berdasarkan data dari 36.523 partisipan, vaksin Pfizer dinyatakan 95 persen efektif. Berdasarkan kualitas dan konsistensi produk, turut disimpulkan bahwa vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech dapat efektif.

"Selain itu ... berdasarkan keseluruhan bukti sains yang tersedia, benefit yang diketahui dan potensial dari Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech melebihi risiko yang diketahui dan potensial dari vaksin tersebut," tulis Denise Hinton, Chief Scientist dari Food and Drug Administration (BPOM AS) dalam rilis resmi pada Jumat 11 Desember 2020, dikutip Sabtu (12/12/2020).

Sebelumnya, komite vaksin di AS juga telah memberikan rekomendasi kepada BPOM AS untuk meloloskan vaksin Pfizer. Denise Hinton lantas memberikan izin berdasarkan aturan yang berlaku.

"Saya mengizinkan penggunaan darurat dari Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTEch," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Untuk Usia 16 Tahun ke Atas

BPOM AS menegaskan bahwa vaksin Pfizer dapat disalurkan lewat distributor berizin berdasarkan arahan pemerintah AS.

Namun, vaksin ini hanya boleh dipakai untuk usia 16 tahun ke-atas.

"Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech yang mendapat izin ini hanya akan diberikan melalui provider vaksinasi dan hanya digunakan untuk mencegah COVID-19 berusia 16 tahun dan lebih tua," tulis BPOM AS.

AS adalah salah satu negara pertama yang memberikan izin kepada Pfizer. Negara pertama yang memakai vaksin ini secara umum adalah Inggris.

3 dari 4 halaman

Donald Trump Pesan 100 Juta Dosis

Sebelumnya, panel penasihat pemerintah di AS mendukung penggunaan vaksin COVID-19 buatan Pfizer secara luas. Vaksinasi bisa dimulai dalam beberapa hari, tergantung kapan BPOM AS menyetujui rekomendasi.

Rekomendasi berasal dari hasil voting penasihat pemerintah dengan hasil 17-4. Disimpulkan bahwa vaksin buatan Pfizer dan BioNTech tampak aman dan efektif untuk penggunaan orang dewasa dan remaja.

AP News melaporkan bahwa potensi benefit dari vaksin ini melebihi risikonya. Pfizer berkata memiliki sekitar 25 juta dosis untuk AS pada akhir Desember.

Pemerintahan Presiden Donald Trump telah memesan 100 juta dosis vaksin Pfizer.

Dosis awal akan diberikan kepada petugas medis dan penghuni nursing home. Selanjutnya, vaksin diberikan kepada kelompok rentan.

"Ada cahaya di akhir terowongan panjang pandemi ini," ujar Dr. Sally Goza, presiden American Academy of Pediatrics.

Vaksin COVID-19 ini diprediksi kemungkinan baru tersedia untuk kalangan umum pada musim semi 2021.

4 dari 4 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.