Sukses

Margaret Keenan, Nenek 90 Tahun Jadi Orang Pertama di Inggris Dapat Vaksin COVID-19

Seorang nenek yang sudah berusia 90 tahun justru menjadi orang pertama di Inggris yang menerima vaksin COVID-19 di luar uji klinis.

Liputan6.com, London - Margaret Keenan, seorang nenek berusia 90 tahun dari Inggris, telah menjadi orang pertama di dunia yang menerima vaksin Pfizer COVID-19 di luar uji coba setelah persetujuan klinis yang cepat.

Menurut laporan Channel News Asia, ia menerima vaksinasi di rumah sakit setempat di Coventry, Inggris, pada Selasa (8/12/2020) pukul 06.31 waktu Inggris.

Inggris mulai meluncurkan vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech pada hari Selasa, yang dielu-elukan sebagai titik balik yang menentukan dalam mengalahkan virus corona. 

Inokulasi massal akan memicu harapan bahwa dunia mungkin akan berbalik arah dalam perang melawan pandemi yang telah menghancurkan ekonomi dan menewaskan lebih dari 1,5 juta jiwa, meskipun penyimpanan yang sangat dingin dan logistik yang rumit akan membatasi penggunaannya untuk saat ini.

"Saya merasa sangat terhormat menjadi orang pertama yang divaksinasi COVID-19," kata Keenan.

"Ini adalah hadiah ulang tahun awal terbaik yang bisa saya harapkan karena itu berarti saya akhirnya bisa berharap untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman saya di Tahun Baru setelah saya menghabiskan waktu sendiri hampir sepanjang tahun."

Pasien pertama yang sejalan dengan apa yang dijuluki "V-Day" - yang berusia di atas 80-an, pekerja rumahan dan staf kesehatan dan perawatan sosial yang berisiko - akan menyingsingkan lengan baju mereka untuk dosis awal sejak pagi.

Mereka kemudian akan membutuhkan suntikan kedua dalam waktu 21 hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksin COVID-19 di Inggris

Minggu lalu, Inggris menjadi negara pertama yang menyetujui vaksin Pfizer-BioNTech.

Inggris telah menjadi salah satu negara yang paling parah terkena dampak di dunia, dengan lebih dari 61.000 kematian akibat wabah dari 1,6 juta kasus.

Perdana Menteri Boris Johnson, yang menghabiskan waktu hingga berhari-hari dalam perawatan intensif dengan COVID-19 awal tahun ini, menyebutnya sebagai "langkah maju yang besar dalam perang Inggris melawan virus corona".

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock, yang menawarkan vaksinasi di televisi langsung untuk menghilangkan ketakutan publik, mengatakan peluncuran itu adalah "momen kunci" yang akan melindungi mereka yang paling rentan.

Kepala Layanan Kesehatan Nasional yang dikelola negara di Inggris, Simon Stevens, mengatakan itu adalah "titik balik yang menentukan" melawan "tantangan kesehatan terbesar" sejak NHS didirikan pada 1948.

Persetujuan peraturan untuk vaksin diberikan pada Rabu lalu, memicu perlombaan dengan waktu untuk mempersiapkan sejumlah pusat vaksinasi di seluruh negeri.

Inggris telah memesan 40 juta dosis vaksinasi yang cukup untuk memvaksinasi 20 juta orang, dengan 800.000 dilakukan pada gelombang pertama.

Hingga empat juta dosis diharapkan tersedia pada akhir Desember.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.