Sukses

Raih Dive Travel Awards 2020, Destinasi Wisata Selam Indonesia Jadi yang Terbaik di Dunia

Indonesia raih penghargaan di Dive Travel Awards 2020 sebagai Destinasi Wisata Selam Terbaik. Perusahaan selam di Indonesia juga menang Pusat atau Resor Menyelam Terbaik di Dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia telah memenangkan penghargaan "Destinasi Wisata Selam Terbaik di Tahun 2020". Tak hanya itu, sebuah pusat menyelam Indonesia, Scuba Junkie, juga menggondol gelar "Pusat atau Resor Selam Terbaik di Dunia Tahun 2020" versi majalah selam bergengsi sebagai penghargaan wisata tahunan.

Keputusan itu diumumkan setelah lebih dari 11.000 nominasi dan 30.000 suara diberikan selama periode enam bulan, untuk 108 tempat wisata di seluruh dunia. Bersaing dengan 1.100 pusat selam dan resor, Indonesia dan Scuba Junkie masing-masing dinobatkan sebagai pemenang Dive Travel Awards 2020 pada pekan ini.

Scuba Junkie memiliki resor menyelam di beberapa tempat wisata selam populer yaitu Komodo, Nusa Penida dan Sangalaki, serta lokasi lainnya di Sabah, Malaysia. Pihak terkait merasa sangat senang dianugerahi penghargaan bergengsi tersebut.

"Indonesia memiliki beberapa lokasi menyelam terbaik di dunia yang telah diakui di Indonesia sendiri, tentunya pantas untuk mendapatkan penghargaan yang fantastis. Kami juga sangat bangga dengan pusat penyelaman milik kami dan semua staf disini dapat dianugerahi penghargaan luar biasa dan sulit diungkapkan betapa beruntungnya kami mengelola usaha ini yang terdapat di lokasi lain yang adalah tempat wisata selam kelas dunia" kata Rohan Perkins, Direktur Scuba Junkie di Indonesia.

"Tahun ini tentunya merupakan tahun yang berat bagi pariwisata selam dan bahkan bagi pariwisata secara keseluruhan. Kami berharap penghargaan ini dapat berdampak positif bagi pariwisata selam Indonesia, baik Domestik maupun Internasional, dan bahkan untuk seluruh sektor pariwisata secara keseluruhan", ujar Rohan.

Menyelam di tempat yang begitu indah adalah hal yang selalu disyukuri. Hal inilah yang menumbuhkan rasa tanggung jawab yang kuat untuk membantu melindungi ekosistem bawah laut di Indonesia.

"Di Scuba Junkie kami mengambil peranan yang bertanggung jawab terhadap pariwisata selam terutama dalam pengelolaan yang baik, aman dan pastinya agar dapat dinikmati sebagai tempat wisata selam yang ramah lingkungan serta terlibat langsung dalam hubungan sosial dengan masyarakat sekitar juga lingkungan hidup," tutur Matt Drury, Direktur Scuba Junkie Penida.

Fokus Kuat Melindungi Ekosistem Laut

Scuba Junkie memiliki fokus yang kuat dalam melindungi ekosistem laut, yang menurut Direktur Scuba Junkie sama halnya tersebut dengan tamu mereka.

"Kami merasa terhormat bisa menyelam di lokasi yang menakjubkan seperti Penida dan Komodo, jadi sudah menjadi kewajiban kami untuk melindungi ekosistem laut bagi generasi mendatang dengan cara apapun yang kami bisa. Etos kami adalah menjadi bagian dari industri pariwisata secara berkelanjutan," kata Drury.

"Lokasi yang menakjubkan, dikombinasikan dengan fokus pada keselamatan dan standar pelatihan yang tinggi, tentunya meninggalkan kesan mendalam bagi para tamu kami yang telah memilih untuk mengunjungi kami berkali-kali untuk pengalaman menyelam dan snorkeling di semua lokasi kami. Kami berharap agar bisa mempertahankannya," jelas Rohan.

Meningkatkan pengalaman para tamu dan menjaga ekosistem laut ini juga menjadi prioritas utama di pusat menyelam Scuba Junkie di Indonesia dan Malaysia.

"Kami senang telah memenangkan penghargaan ini, terutama pada staf kami yang telah berdedikasi dan memiliki kecintaan terhadap menyelam dan laut, serta dengan semua tamu menyelam bersama kami dan berbagi cerita tentang pengalaman mereka bersama kami," kata Richard Owen, Direktur Scuba Junkie di Malaysia.

"Menjaga lingkungan laut baik di atas maupun di bawah ombak, telah menjadi inti dari etos Scuba Junkie sejak awal, Terima kasih untuk semua yang memilih kami," imbuh Owen.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keterlibatan Inggris

Indonesia baru saja menang sebagai lokasi nomor satu di dunia untuk Destinasi Wisata Selam, di Dive Travel Awards 2020.

Hal yang hebat terjadi ketika Indonesia dan Inggris saling bekerja sama. Penghargaan untuk “Pusat atau Resor Selam Scuba Terbaik di Dunia” juga jatuh kepada  Indonesia.

Dalam keterangan tertulis dari pihak Kedutaan Inggris di Indonesia, Jumat (27/11/2020), dijelaskan bahwa Scuba Junkie Indonesia yang sepenuhnya legal, didirikan, dimiliki, dan dijalankan oleh orang Inggris - memiliki resor di Komodo, Penida, dan Sangalaki.

Ketika Rohan dan istrinya Carys mengunjungi Indonesia pada tahun 2005 untuk menyelam di Komodo, ternyata hanya ada 4 perusahaan selam yang beroperasi di tempat tersebut. Mereka langsung jatuh cinta dengan tempat itu dan ingin membuka pusat penyelaman di sana. Pertama mereka menjelajahi banyak tempat di Indonesia – hingga kemudian mereka memulai usaha mereka.

Dengan kerja keras, keringat dan air mata - membangun bisnis ini dari awal, membawa setiap potongan kayu dan kantong semen ke dalam perahu kecil lokal - mereka menyelesaikan impian mereka pada tahun 2015. Mereka membuka fasilitas luar biasa, menarik ribuan orang dari seluruh dunia mengunjungi beberapa tempat kecantikan Indonesia yang menakjubkan dan sulit dijangkau setiap tahun.

Rohan dan Carys sangat mencintai Indonesia, dan mereka bertekad untuk memberikan sebanyak yang mereka bisa. Untuk masyarakat Indonesia, mereka menjalankan banyak program keterlibatan masyarakat serta melatih dan mensponsori program Dive Professional yang membawa orang Indonesia dan melatih mereka menjadi penyelam scuba profesional, Divemaster dan instruktur.

Sebagian besar staf Rohan dan Carys adalah penduduk setempat - direkrut dan dilatih saat bekerja.

Demi keindahan alam Indonesia, Rohan dan Carys bekerja sama dengan sejumlah LSM dan organisasi konservasi - untuk memastikan bahwa mereka melakukan pariwisata dengan cara yang menjaga keindahan turis yang datang, dan juga melindungi Indonesia untuk masa depan.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Kombinasi 3M Turunkan Risiko Tertular COVID-19 hingga 99,9 Persen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.