Sukses

Sekolah RI Tatap Muka Lagi pada 2021, Begini Suasana Belajar Dunia Saat Pandemi COVID-19

Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim telah memaparkan rencana kembalinya kegiatan belajar mengajar secara langsung atau tatap muka pada tahun 2021 mendatang. 

Kegiatan pendidikan memang telah berubah sejak pandemi Virus Corona COVID-19 melanda banyak negara termasuk Indonesia. 

Tentu, hal paling signifikan adalah lokasi kegiatan belajar yang sepenuhnya berubah menjadi dilakukan di rumah secara online. 

Menjelang kembalinya aktivitas sekolah di tahun depan, berikut adalah beberapa potret kegiatan belajar mengajar di negara-negara di dunia selama pandemi Virus Corona COVID-19 menyebar seperti mengutip laman DW Indonesia, Kamis (26/11/2020):

2 dari 6 halaman

1. Thailand

Para murid yang belajar di sekolah-sekolah di Bangkok kini harus belajar dari dalam kotak plastik dan memakai masker sepanjang hari. Di luar ruang kelas tersedia wastafel dan dispenser sabun.

Siswa duduk di mejanya yang menggunakan partisi di sebuah ruang kelas di Samkhok School di Pathum Thani, Bangkok, Rabu (1/7/2020). Thailand telah memulai fase kelima relaksasi pembatasan covid-19 yang memungkinkan pembukaan kembali sekolah-sekolah dan institusi pendidikan lainnya. (AP/Sakchai Lalit)

Suhu tubuh murid juga diukur setiap pagi. Aturan ketat ini berhasil: sekolah ini tidak melaporkan infeksi baru sejak Juli.

3 dari 6 halaman

2. Jerman

Murid di SD Petri di Dortmund, negara bagian Nordrhein-Westfalen (NRW), jadi teladan yang patut ditiru.

Siswa kelas sebelas dengan masker duduk di ruang kelas sekolah menengah Phoenix di Dortmund, Jerman barat, Rabu (12/8/2020). Para siswa di negara bagian Jerman, North Rhine-Westphalia, harus mengenakan masker setiap waktu ketika mereka kembali ke sekolah pada Rabu ini. (Ina FASSBENDER/AFP)

Sebagaimana sekolah di seluruh NRW yang merupakan negara bagian terpadat di Jerman, sekolah ini juga mewajibkan murid untuk memakai masker, termasuk di dalam ruang kelas. Sampai sekarang belum bisa dinilai apakah aturan ini berhasil atau tidak. Sekolah baru saja mulai tanggal 12 Agustus.

4 dari 6 halaman

3. Palestina

Sekolah juga kembali dibuka di Hebron, 30 kilometer di selatan Yerusalem. Murid di wilayah ini diwajibkan memakai masker, bahkan di beberapa sekolah, mereka juga harus memakan sarung tangan.

Meskipun memakai masker, semangat guru dalam foto saat mengajar terlihat jelas.

Sekolah-sekolah di Palestina tutup sejak bulan Maret dan Hebron dinyatakan sebagai pusat infeksi.

5 dari 6 halaman

4. India

Para siswa di India juga diwajibkan untuk mengenakan masker selama mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas. 

6 dari 6 halaman

5. Kongo

Pihak berwenang di Lingwala, di pinggiran ibu kota Kongo, Kinshasa, menanggapi ancaman infeksi Virus Corona COVID-19 di kalangan siswa dengan amat serius. Setiap siswa yang belajar di Sekolah Reverend Kim diharuskan untuk mengukur suhu tubuh sebelum diizinkan masuk gedung. Masker wajah juga wajib dipakai.