Sukses

Dewan Pemilihan Michigan Sahkan Kemenangan Joe Biden dalam Pemilu AS 2020

Negara Bagian Michigan telah secara resmi mengesahkan kemenangan Presiden terpilih AS Joe Biden.

Liputan6.com, Washington D.C- Dewan Pemilihan Michigan pada 23 November telah secara resmi mengesahkan kemenangan Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden dalam Pemilu 2020.

Pengesahan untuk kemenangan Joe Biden itu pun menutupi jalan bagi Presiden AS Donald Trump yang berusaha menentang hasil Pemilu 2020.

Dikutip dari AFP, Selasa (24/11/2020) dewan tersebut menyatakan bahwa Joe Biden unggul atas Trump dengan meraih hampir 156.000 suara.

Selain itu, pengesahan tersebut juga kemungkinan akan mengakhiri upaya Trump dalam membalikkan hasil Pemungutan suara di Michigan, yang merupakan salah satu negara bagian yang harus ia ungguli dalam pemilu.

Donald Trump telah secara berulang kali mengklaim adanya kecurangan dalam pemilu yang digelar pada 3 November 2020. Dalam klaim tanpa bukti tersebut mengatakan Trump dikalahkan karena praktik kecurangan dalam pemungutan suara di negara bagian.

Trump langsung memanggil anggota parlemen Republik di negara bagian itu ke Washington untuk melakukan pembicaraan, menyusul kantong suara Demokrat yang meliputi Detroit mengesahkan pemungutan suara pekan lalu. 

Sekretaris Negara Bagian Michigan Jocelyn Benson mengatakan, keputusan dewan yang terdiri dari dua Demokrat dan dua Republik, "Menegaskan bahwa pemilihan dilakukan secara adil dan aman, dan hasilnya secara akurat mencerminkan minat para pemilih."

Tetapi anggota dewan yang abstain, seorang Republikan, mengatakan "tidak dapat diterima" bahwa banyak pertanyaan tentang pemilihan Michigan tetap tidak terjawab, menyebutnya sebagai "aib nasional."

Sertifikasi Michigan menutup pintu di salah satu jalan yang tersisa bagi Trump untuk mencoba dan membalikkan kemenangan Biden dalam pemilihan 3 November dengan klaim salah urus dan penipuan yang tidak didukung.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penolakan Gugatan Donald Trump oleh Hakim Pennsylvania

Sementara itu, seorang hakim Pennsylvania pada akhir pekan lalu juga telah menolak gugatan hukum yang diajukan oleh tim kampanye Trump, terkait proses penghitungan suara di negara bagian tersebut.

Selain itu, Mahkamah Agung Pennsylvania menolak gugatan Trump lainnya pada 23 November atas penghitungan suara yang dikirim melalui pos. 

Diketahui bahwa wilayah-wilayah di Pennsylvania memiliki batas waktu hingga 23 November untuk mengesahkan suara lokal mereka, yang kemudian akan diserahkan pada negara bagian yang mengumumkan kemenangan. 

Menurut eorang pejabat, Sekretaris Negara Bagian Pennsylvania memiliki waktu hingga 30 November untuk melakukan pengesahan, tetapi kemungkinan besar akan selesai pada pekan ini. 

Sementara itu, Negara Bagian Georgia elah mensertifikasi kemenangan Biden pada Jumat lalu setelah dilakukannya penghitungan ulang.

Adapun Nevada, yang merupakan salah satu negara bagian yang juga diisukan oleh Trump, akan mengesahkan pemungutan suara di wilayahnya pada Selasa (24/11) waktu setempat.

Kemudian dua negara bagian lainnya yang juga diisukan oleh Trump, yakni Wisconsin dan Arizona, memiliki waktu hingga pekan depan untuk menyelesaikan penghitungan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.