Sukses

Diplomat Inggris Tuai Pujian Usai Selamatkan Siswa China yang Tenggelam

Liputan6.com, Jakarta - Seorang diplomat Inggris menuai pujian usai aksi heroiknya. Ia dianggap sebagain pahlawan setelah menyelam ke sungai untuk menyelamatkan seorang wanita asal China yang tenggelam.

Aksi ini terekam dan viral di media sosial China maupun Inggris, demikian dikutip dari laman The Guardian, Selasa (17/11/2020).

Stephen Ellison (61) yang bekerja di konsul jenderal di Chongqing, sedang berjalan di tepi sungai di desa terdekat ketika wanita berusia 24 tahun terpeleset ke dalam sungai yang dalam.

Video yang direkam oleh penonton menunjukkan perjuangannya di arus sungai. Sempat menghilang di bawah jembatan dan muncul dengan wajah menghadap ke bawah, tampaknya tidak sadarkan diri.

Ellison melepas sepatunya dan menyelam untuk menyelamatkannya. Wanita yang tenggelam ini tak disebutkan identitasnya.

Kritik dari netizen di media sosial kerap terjadi. Mereka bertanya mengapa begitu banyak orang China tampaknya kerap tenggelam di sungai dan tak bisa menyelamatkan hidupnya, beberapa mengatakan sangat sedikit orang China yang tahu cara berenang.

Rekaman penyelamatan Ellison diunggah di saluran Twitter Inggris Raya dan di China dan ditonton ribuan kali.

Ellison terlihat melepas sepatunya dan menyelam ke sungai dari samping masih pakaian lengkap.

 

2 dari 3 halaman

Terima Kasih dari China

Duta Besar China untuk Inggris, Liu Xiaoming, memuji diplomat Inggris itu, dengan mengatakan Hormat kepada Stephen Ellison.

Namanya akan diingat tidak hanya di daerah Chongqing tetapi di China. Tindakan kepahlawanan dan kebaikannya akan menjadi kisah yang banyak diceritakan & tersebar luas tentang persahabatan China-Inggris. "

Tagar "Konsul Jenderal Inggris di Chongqing menyelamatkan siswi yang jatuh ke air" telah mendapatkan respon baik di Weibo.

Hubungan Inggris-China berada pada titik surut sejak China mengakhiri kemerdekaan politik Hong Kong dan perusahaan telekomunikasi China Huawei dilarang menyediakan jaringan 5G ke Inggris dengan alasan ancaman keamanan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: