Sukses

Maksud di Balik Paus Fransiskus Sebut Pasangan Sejenis Berhak Berkeluarga

Paus Fransiskus menunjukkan dukungannya untuk pasangan sejenis yang ingin membangun keluarga.

Liputan6.com, Vatikan - Membangun keluarga tentu menjadi impian bagi kebanyakan orang, termasuk para pasangan sejenis yang mendambakan hal yang sama namun terhambat oleh aturan hukum serta agama.

Namun baru-baru ini, Paus Fransiskus mengatakan bahwa menurutnya pasangan sesama jenis harus diizinkan untuk memiliki izin "persatuan sipil".

Dia membuat komentar, yang menurut para pengamat adalah pernyataannya yang paling jelas tentang hubungan homoseksual, dalam sebuah film dokumenter yang disutradarai oleh Evgeny Afineevsky. Demikian seperti melansir BBC, Kamis (22/10/2020).

"Kaum homoseksual punya hak untuk berkeluarga," katanya dalam film yang tayang perdana pada Rabu 21 Oktober.

"Mereka adalah anak-anak Tuhan dan memiliki hak atas sebuah keluarga. Tidak ada yang harus dibuang atau dibuat sengsara karenanya," katanya.

"Apa yang harus kita buat adalah undang-undang serikat sipil. Dengan cara itu undang-undang tersebut dilindungi undang-undang," lanjutnya lagi. 

Dia menambahkan bahwa dia "membela" pasangan sejenis untuk berkeluarga, yang tampaknya merujuk pada masa jabatannya sebagai Uskup Agung Buenos Aires. Meskipun menentang pernikahan sesama jenis secara hukum, dia mendukung beberapa perlindungan hukum untuk pasangan sesama jenis.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Hal Baru

Film Francesco, yang mengisahkan kehidupan dan karya Paus Fransiskus, ditayangkan perdana sebagai bagian dari Festival Film Roma.

Selain komentar Paus tentang serikat sipil, film tersebut juga menunjukkan dia mendorong dua pria gay untuk menghadiri gereja bersama tiga anak mereka.

Penulis biografi Paus Fransiskus, Austen Ivereigh, mengatakan kepada BBC bahwa dia "tidak terkejut" dengan komentar terbaru yang dilontarkan oleh Paus.

"Ini sudah disebutkan sejak posisinya sebagai Uskup Agung Buenos Aires," kata Ivereigh. 

"Dia selalu menentang pernikahan untuk pasangan sesama jenis. Tapi dia percaya gereja harus mengadvokasi undang-undang persatuan sipil bagi pasangan gay untuk memberi mereka perlindungan hukum."

Di bawah doktrin Katolik saat ini, hubungan gay disebut sebagai "perilaku menyimpang".

Pada 2003, badan doktrinal Vatikan, the Congregation for the Doctrine of the Faith, mengatakan bahwa "penghormatan terhadap kaum homoseksual tidak dapat mengarah pada persetujuan perilaku homoseksual atau pengakuan hukum atas persatuan homoseksual".

 
3 dari 4 halaman

Tanggapan Pengamat Vatikan

Pernyataan itu telah membuat lidah goyah di antara para pengamat Vatikan dan itu menandai dukungan paling jelas dari Paus Fransiskus untuk masalah tersebut sejak menjabat menjadi Paus.

Tetapi apakah ini benar-benar merupakan perubahan mendasar oleh paus - atau lebih merupakan pernyataan yang tidak langsung dari seorang pemimpin Gereja Katolik yang telah dikenal menggoda dengan sentimen liberal di masa lalu, hanya untuk kembali pada doktrin tradisional ketika dorongan datang?

Saat menjadi uskup agung Buenos Aires sebelum menjadi Paus, dia adalah penentang yang kuat terkait pernikahan gay, yang disahkan di Argentina pada 2010, dan sebaliknya menganjurkan serikat sipil untuk pasangan homoseksual.

Sementara itu, ini adalah dukungan vokal pertamanya sebagai Paus dan tidak diragukan lagi akan disambut oleh banyak orang di sayap gereja yang lebih liberal dan dikritik oleh kaum konservatif.

Tetapi setiap perubahan doktrinal yang signifikan tentang masalah seperti itu biasanya akan disajikan dengan cara yang lebih formal dan setelah dilakukan banyak perdebatan internal. Untuk saat ini, ada sedikit tanda bahwa keduanya sudah dekat.

 
4 dari 4 halaman

Pandangan Paus soal LGBT

Komentar Paus ini adalah yang terbaru dari serangkaian sentimen yang dia ungkapkan tentang hak LGBT. Ia memang menyuarakan beberapa dukungan, tetapi bukan dukungan penuh.

Pada 2013 dalam buku On Heaven and Earth, Paus mengatakan bahwa secara hukum menyamakan hubungan sesama jenis dengan pernikahan heteroseksual akan menjadi "regresi antropologis".

Dia juga mengatakan bahwa jika pasangan sesama jenis diizinkan untuk mengadopsi, "mungkin ada anak-anak yang terpengaruh lantaran setiap orang membutuhkan ayah laki-laki dan ibu perempuan yang dapat membantu mereka membentuk identitas mereka".

Pada tahun yang sama, dia menegaskan kembali posisi Gereja bahwa tindakan homoseksual adalah dosa, tetapi orientasi homoseksual bukanlah dosa.

"Jika seseorang gay dan mencari Tuhan dan memiliki niat baik, siapakah saya untuk menghakimi?" tanyanya.

Pada 2014 dilaporkan bahwa Paus Fransiskus telah menyatakan dukungan untuk serikat sipil bagi pasangan sesama jenis dalam sebuah wawancara, tetapi kantor pers Takhta Suci membantahnya.

Kemudian pada 2018, Paus Fransiskus mengatakan dia "khawatir" tentang homoseksualitas di kalangan klerus (kelompok diakon, imam, uskup yang memiliki jabatan dalam hierarki Gereja Katolik) dan itu merupakan suatu "masalah serius".

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.