Sukses

Hari Kopi Sedunia 1 Oktober, Rayakan Keragaman, Kualitas dan Semangat

Setiap 1 Oktober, dunia merayakan Hari Kopi Internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap 1 Oktober, dunia merayakan Hari Kopi Internasional. Hari Kopi Internasional adalah perayaan keragaman, kualitas, dan semangat dalam sektor kopi.

Dikutip dari laman resmi International Coffee Organization (ICO), Kamis (1/10/2020), Hari Kopi Internasional adalah kesempatan bagi para pecinta kopi untuk berbagi kecintaan mereka pada minuman dan mendukung jutaan petani yang mata pencahariannya bergantung pada tanaman aromatik.

Banyak negara di dunia merayakan hari kopi nasional mereka sendiri pada berbagai tanggal sepanjang tahun.

Pada Maret 2014, Negara Anggota ICO setuju untuk menyelenggarakan Hari Kopi Internasional pada 1 Oktober untuk menciptakan satu hari perayaan bagi pecinta kopi di seluruh dunia.

Perayaan Hari Kopi Internasional juga membantu meningkatkan kesadaran tentang budidaya kopi berkelanjutan dan praktik perdagangan adil dalam industri kopi. Sebelum 2015, hari itu biasa dirayakan pada tanggal yang berbeda di berbagai negara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ritual Keagamaan

Kopi adalah minuman yang terbuat dari biji atau buah beri dari tanaman kopi. Sebagai minuman, telah dinikmati oleh orang-orang di seluruh dunia selama berabad-abad. Sejarawan percaya bahwa kopi pertama kali ditemukan di Ethiopia, tetapi dibudidayakan dalam skala besar dan diperdagangkan untuk pertama kalinya oleh orang Arab.

Awalnya kopi digunakan untuk upacara dan ritual keagamaan. Minuman ini menjadi minuman pilihan di sebagian besar rumah tangga di Timur Tengah, Persia, dan Afrika pada abad ke-16 dan di Eropa dan Amerika pada abad ke-17.

Terlepas dari popularitasnya saat ini, kopi mendapat banyak kritik dalam sejarah. Sultan Murad IV dari Kekaisaran Ottoman sangat membenci kopi sehingga dia membuat minum kopi sebagai pelanggaran yang bisa dihukum mati. Di Inggris, Raja Charles II takut plot menetas di atas cangkir kopi memerintahkan semua kedai kopi ditutup.

3 dari 3 halaman

Hari Kopi di Berbagai Negara

Banyak negara merayakan Hari Kopi versi mereka sendiri pada tanggal yang berbeda sepanjang tahun. Misalnya, Jerman memulai Tag Des Kaffees pada tahun 2006 dan merayakannya setiap tahun pada hari Sabtu pertama bulan September.

Dikutip dari TimeAndDate, kamis (1/10/2020), Di Amerika Serikat, Hari Kopi Nasional dirayakan pada 29 September. Liburan ini tidak diketahui asalnya dan terkadang juga dikenal sebagai Hari Kopi.

Bagaimana cara merayakannya? Apakah "secangkir kopi" Anda adalah es kopi yang menyegarkan atau Americano panas, Espresso, Café au Lait (kopi dengan susu), atau hitam polos tanpa gula, Hari Kopi Internasional adalah hari untuk istirahat dari kesibukan Anda.

 

Reporter: Romanauli Debora

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.