Sukses

Ingin Tiket Pesawat Harga Murah? Coba Trik Jarak Waktu Memesan Ini

Sebuah studi yang meneliti harga 197 juta tiket pesawat berbeda yang ditawarkan pada tahun 2017 menemukan bahwa jawabannya bervariasi menurut musim. Coba trik ini untuk mendapatkan tiket murah.

Liputan6.com, Jakarta - Memburu tiket pesawat termurah bukanlah ilmu pasti, tetapi jika Anda tidak ingin terlalu dini atau terlalu terlambat ada sejumlah cara yang disarankan.

Tidak mengherankan, ada banyak teori di luar sana mengenai waktu terbaik untuk memesan, baik itu hari-hari tertentu dalam seminggu atau jumlah waktu tertentu sebelum tanggal perjalanan Anda.

Sebuah studi yang meneliti harga 197 juta tiket pesawat berbeda yang ditawarkan pada tahun 2017 menemukan bahwa jawabannya bervariasi menurut musim, seperti yang dilaporkan Lifehacker.

Studi yang dilakukan oleh CheapAir.com tersebut menghilangkan anggapan bahwa hari-hari tertentu dalam seminggu menawarkan pemesanan yang lebih murah; menurut data ini, perbedaan antara memesan penerbangan pada hari Minggu versus Rabu mungkin hanya menghasilkan perbedaan beberapa dolar, jadi tidak ada gunanya menunggu.

Sekarang, ada hari yang lebih murah untuk terbang, jadi jika Anda benar-benar ingin menghemat uang, Selasa dan Rabu adalah tanggal perjalanan termurah, dan Minggu adalah yang paling mahal.

Berapa hari sebelumnya Anda harus membeli tiket pesawat lebih bervariasi, terutama di antara musim. Secara umum, CheapAir.com mengatakan di mana saja antara tiga minggu dan empat bulan sebelum tanggal perjalanan Anda adalah "jendela pemesanan utama" untuk mendapatkan harga yang bagus, tetapi jelas itu adalah rentang waktu yang sangat lama.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alat Pencarian Tiket Murah

Jika Anda menelusuri penerbangan musiman, Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik. Waktu terbaik untuk memesan penerbangan untuk musim dingin adalah 62 hari sebelumnya, menurut data ini.

Sedangkan penerbangan musim semi harus dipesan 90 hari sebelumnya, musim panas 47 hari sebelumnya, dan jatuh 69 hari sebelumnya.

Memang, semua angka tersebut didasarkan pada rata-rata, tetapi memberikan perkiraan yang berguna, dan bonus untuk mendapatkan waktu yang tepat sangatlah berharga.

Perbedaan antara penerbangan musim panas dengan harga terbaik dan harga terburuk dalam penelitian ini adalah US$ 203, dan perbedaan dalam musim semi adalah US$ 263.

CheapAir.com menawarkan alat pencarian yang merekomendasikan kapan harus membeli harga terendah berdasarkan rute tertentu Anda.

Aplikasi lain, seperti Hopper, akan memberi Anda rekomendasi berdasarkan tanggal dan lokasi perjalanan Anda, akan memberi tahu Anda begitu harga turun, dan akan memperkirakan apakah harga akan terus turun lebih jauh atau tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.