Sukses

Gedung Berbentuk Obor Ini Akan Jadi Pencakar Langit Tertinggi di Jepang pada 2027

Liputan6.com, Tokyo - Gedung pencakar langit terinspirasi dari bentuk obor api yang menyala, digadang-gadang menjadi gedung tertinggi di Jepang, saat dibuka pada tahun 2027 mendatang. Laporan CNN yang dikutip Selasa (21/9/2020) menyebut, bangunan dengan ketinggian 390 meter tersebut diberi nama Torch Tower.

Berdiri di atas plaza umum yang dipenuhi oleh tumbuhan di Tokyo, tempat ini adalah masa depannya untuk pengunjung yang ingin datang dan menikmati pemandangan ibu kota yang berdekatan dengan Gunung Fuji.

Dengan luas tanah 31.400m², Mitsubishi Estate selaku pendiri Torch Tower akan membangun 63 lantai yang di dalamnya terdiri dari ruang kerja, tempat belanja dan restoran. Akan ada 2.000 tempat duduk di grand hall dan tempat permandian di lantai dasar.

Torch Tower juga akan mempunyai hotel yang berisikan sekitar 100 kamar tidur, dan di puncak gedungnya dijadikan sebagai area observasi yang dijuluki sebagai bukit langit.

"Desain bangunan tersebut dapat diartikan sebagai obor yang menyinari dunia," demikian menurut keterangan dalam rilisnya.

Developer Mitsubishi Estate, yang merupakan bagian dari Mitsubishi Motors, mengklaim bahwa bangunan ini akan sangat dinikmati dan di area publiknya juga berfungsi sebagai tempat beteduh jika terjadi bencana alam. 

2 dari 3 halaman

Gedung Tinggi Torch Tower Berdekatan dengan Gunung Fuji

Proyek ini dibangun berdekatan dengan Stasiun Tokyo, pusat kereta api utama ibu kota tersebut. Sebelumnya, tempat ini adalah Gerbang Tokiwabashi, yaitu salah satu pintu masuk ke Kastil Edo pada abad ke-15.

Kastil tersebut kini hanya tersisa reruntuhannya saja.

Bangunan tertinggi kedua di tempat itu yaitu Menara Tokiwabashi, gedung dengan ketinggian 212 meter yang akan selesai pada tahun depan. Gedung ini terpisah dengan Torch Tower. Kedua bangunan itu dipisahkan oleh alun-alun umum seluas 7.000 m². Dilengkapi dengan kolam koi dan kawasan tempat pejalan kaki di tepi laut.

Jika rampung nanti, Torch Tower akan menjadi gedung yang jauh lebih tinggi dari yang tertinggi di Jepang saat ini, Abeno Harukas di Osaka -- setinggi 300 meter. Selain itu juga akan melampaui menara setinggi 330 meter yang direncanakannya akan berdiri di Distrik Toranomon-Azabudai Tokyo, yang disebut tertinggi di negara itu setelah selesai pembangunannya pada tahun 2023.

 

Reporter : Romanauli Debora

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini