Sukses

5 Alasan Baik Bila Minum Susu Sebelum Tidur

Liputan6.com, Jakarta - Susu adalah sumber nutrisi yang baik, sehat untuk tulang, dan memiliki lebih banyak manfaat jika meminumnya sebelum tidur.

Misalnya, dapat membantu Anda tertidur lebih cepat, tidur nyenyak tanpa terbangun di tengah malam, dan bahkan meningkatkan penurunan berat badan.

Meminum segelas susu yang nikmat sebelum tidur adalah cara yang sangat mudah untuk membuat hidup lebih sehat, jadi tak ada salahnya untuk mencoba.

Berikut alasan mengapa baik mengonsumsi susu sebelum tidur:

 

2 dari 7 halaman

1. Susu Memiliki Senyawa yang Dapat Tingkatkan Kualitas Tidur

Beberapa penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa minum susu dapat membuat tidur lebih nyenyak. Susu mengandung triptofan dan melatonin, yang dapat membantu Anda tidur lebih mudah dan lebih cepat.

Triptofan memainkan peran penting dalam memproduksi serotonin, yang pada gilirannya meningkatkan suasana hati Anda, dapat membantu Anda rileks, dan juga bertindak sebagai pendahulu melatonin.

Melatonin membantu mengatur ritme sirkadian Anda dan mempersiapkan Anda untuk tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen melatonin dan triptofan dapat mengurangi kecemasan dan depresi yang mungkin memburuk di sekitar waktu tidur.

 

3 dari 7 halaman

2. Susu adalah Sumber Protein yang Bagus

Jika Anda makan malam terlalu awal sebelum tidur, Anda mungkin mengalami masalah tidur sepanjang malam. Jika Anda ingin menghindari bangun di tengah malam karena perut Anda keroncongan karena lapar, cobalah minum susu sebelum tidur.

 

4 dari 7 halaman

3. Ada Aspek Psikologis dalam Minum Susu Sebelum Tidur

Sampai batas tertentu, minum susu sebelum tidur bisa membantu Anda tertidur karena menjadi ritual malam hari yang membantu Anda rileks dan bersiap untuk tidur.

Teori lain adalah bahwa susu hangat dapat mengingatkan Anda pada minum susu sebelum tidur saat kecil, yang dapat mengembalikan ingatan indah dan memiliki efek menenangkan.

 

5 dari 7 halaman

4. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda menjadikan minum susu sebagai ritual untuk membantu Anda tertidur dan berhasil, ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan Anda menambah berat badan, jadi minum susu dapat membantu Anda kembali ke berat badan normal. Karena susu juga dikemas dengan protein bergizi, ini adalah pengganti yang baik untuk ngemil larut malam, yang juga dapat menyebabkan berat badan Anda bertambah.

 

6 dari 7 halaman

5. Dapat Meningkatkan Massa Otot Tanpa Lemak

Susu mengandung protein yang disebut kasein dan whey. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kasein dan protein whey di malam hari dapat meningkatkan sintesis protein otot dalam semalam.

Namun, waspadalah, Anda bisa jadi tidak toleran terhadap laktosa dan tidak menyadarinya. Beberapa gejala termasuk kembung, gas, dan kram.

Apakah Anda minum susu sebelum tidur? Apakah Anda lebih suka dingin atau hangat? Apakah itu membantu Anda tertidur?

7 dari 7 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: