Sukses

5 Langkah Antisipasi Agar Rambut Nyaris Botak Bisa Pulih Kembali

Ada beberapa cara mudah dan efektif untuk menyelamatkan rambut Anda dan bahkan membuatnya lebih kuat.

Liputan6.com, Jakarta - Kehilangan sedikit rambut setiap hari adalah hal yang normal bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang pernah mengalami penurunan berat badan, melahirkan, mengalami stres setiap hari, atau memiliki kondisi medis yang berbeda.

Namun karena faktor tertentu, terkadang bisa berubah menjadi rambut rontok yang berlebihan dan menyebabkan kebotakan.

Untungnya, ada beberapa cara mudah dan efektif untuk menyelamatkan rambut Anda dan bahkan membuatnya lebih kuat.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Jumat (18/9/2020) berikut 5 cara mencegah rambut jadi botak:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Konsumsi Makanan yang Merangsang Pertumbuhan Rambut

Pola makan yang salah dapat menjadi penyebab kerontokan rambut, tetapi menambahkan produk yang tepat dapat mengubah situasinya. Makanan enak yang meningkatkan pertumbuhan rambut adalah:

  • Kimchi: mengandung probiotik yang dapat membantu membalikkan kerontokan rambut.
  • Telur: kaya akan protein dan biotin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.
  • Bayam: mengandung komponen penting untuk pertumbuhan rambut seperti folat, zat besi, dan vitamin A.
  • Salmon dan ikan berlemak lainnya: adalah sumber terbaik omega-3, yang terkait dengan peningkatan kepadatan rambut.
  • Alpukat: kaya akan vitamin E, vitamin C, dan asam lemak penting, yang juga bermanfaat bagi rambut kita.
  • Daging: adalah sumber protein dan zat besi yang bagus, yang penting untuk kesehatan rambut.

 

3 dari 6 halaman

2. Berikan Perawatan pada Kulit Kepala

Menggosok kepala dan mengoleskan masker rambut sama bermanfaatnya dengan mengatur pola makan Anda. Anda dapat mencoba pijat kepala dan masker menggunakan berbagai jenis minyak. Ini membantu menghilangkan ketegangan dan meningkatkan pertumbuhan rambut di sel papilla dermal Anda.

Minyak rosemary dapat digunakan untuk mengatasi kebotakan dan merangsang rambut untuk tumbuh kembali. Gunakan obat tetesnya untuk memijat kulit kepala Anda beberapa kali seminggu.

Minyak geranium adalah produk yang dikenal dengan efek penunjang pertumbuhan rambut. Gel lidah buaya dapat digunakan untuk melawan ketombe, suatu kondisi yang dapat menyebabkan kulit kepala gatal.

Jika terlalu banyak digaruk, Anda bahkan bisa merusak kulit Anda. Luka kecil, ruam, dan iritasi dapat merusak rambut bahkan menyebabkan rambut rontok. Dan lidah buaya dikenal bisa menyembuhkan luka.

 

4 dari 6 halaman

3. Jus Bawang Merah

Aromanya mungkin tidak sedap, tetapi jus bawang merah beserta potongannya bisa menjadi bantuan yang efektif untuk mengatasi kebotakan.

Ini mengandung nutrisi, yang bila dioleskan pada rambut, bermanfaat untuk folikel. Ini mengkondisikan dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Anda bisa memeras jus atau menumbuk bawang menjadi pasta, lalu oleskan ke seluruh kulit kepala Anda.

5 dari 6 halaman

4. Teh Hijau

Salah satu sumber antioksidan terbesar, teh hijau dikenal sebagai suplemen yang digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Ini mengandung epigallocatechin gallate yang dapat digunakan untuk menumbuhkan kembali rambut. Selama studi kecil, relawan dengan kebotakan mengambil suplemen baru yang mengandung ekstrak teh hijau, vitamin D, Omega-3, Omega-6, dan elemen lainnya.

Hasilnya menunjukkan bahwa pertumbuhan kembali rambut yang mengesankan terlihat pada 80 persen peserta.

 

6 dari 6 halaman

5. Periksa kadar vitamin D

Mungkin ada hubungan antara tingkat vitamin D yang lebih rendah dan memiliki titik kebotakan. Karena itu, berkonsultasi dengan dokter Anda dan mendapatkan pemeriksaan yang diperlukan bisa jadi penting.

Menggunakan suplemen vitamin D yang diresepkan oleh dokter Anda, menjaga pola makan yang sehat, dan mengekspos diri Anda di bawah sinar matahari dapat membantu Anda mengatasi rambut rontok jauh lebih cepat dari yang Anda harapkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Rambut rontok dalam dunia medis disebut sebagai alopesia. Kerontokan merupakan kondisi umum yang memang terjadi pada semua orang.

    Rambut Rontok

  • Rambut