Sukses

21-9-1949: China Mendeklarasikan Diri Jadi Negara Komunis

Liputan6.com, Beijing - Pada pembukaan Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China di Peking, pada 21 September 1949, Mao Zedong mengumumkan bahwa pemerintah China yang baru akan "di bawah kepemimpinan Partai Komunis"

Konferensi September 1949 di Peking merupakan perayaan kemenangan komunis dalam perang saudara yang panjang melawan pasukan Nasionalis Tiongkok dan penyingkapan rezim komunis yang selanjutnya akan memerintah Tiongkok.

Mao dan pendukung komunisnya telah berperang melawan apa yang mereka klaim sebagai pemerintah Nasionalis yang korup dan dekaden di China sejak 1920-an.

Terlepas dari dukungan besar-besaran AS untuk rezim Nasionalis, pasukan Mao menang pada tahun 1949 dan mendorong pemerintah Nasionalis ke pulau Taiwan.

Pada September 1949, dengan meriam yang memberikan hormat dan mengibarkan bendera upacara, Mao mengumumkan kemenangan komunisme di China dan berjanji untuk membangun kerangka konstitusional dan pemerintahan untuk melindungi "revolusi rakyat".

2 dari 3 halaman

Menandai Awal Rezim Komunis di China

Dalam menguraikan berbagai komite dan badan yang akan dibentuk di bawah rezim baru, Mao mengumumkan bahwa "Sistem negara kita, Diktat Demokratik Rakyat adalah senjata ampuh untuk menjaga hasil kemenangan revolusi rakyat dan untuk melawan plot musuh asing dan domestik. untuk melakukan comeback. Kita harus memegang senjata ini dengan kuat."

Dia mencela mereka yang menentang pemerintah komunis sebagai "reaksioner imperialistik dan domestik."

Di masa depan, China akan mencari persahabatan dengan "Uni Soviet dan negara demokrasi baru".

Mao juga mengklaim bahwa komunisme akan membantu mengakhiri reputasi sebagai negara yang kurang berkembang.

"Era di mana orang Tionghoa dianggap tidak beradab sekarang telah berakhir. Kami akan muncul di dunia sebagai bangsa yang sangat beradab."

Pada tanggal 1 Oktober 1949, Republik Rakyat Tiongkok secara resmi diumumkan, dengan Mao Zedong sebagai pemimpinnya. Dia akan tetap bertanggung jawab atas negara sampai kematiannya pada tahun 1976.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: