Sukses

Rambut Kena Gumpalan Permen Karet? Begini Cara Mudah Membersihkannya

Gumpalan permen karet akan sulit dibersihkan. Jika mengenai rambut, banyak orang memilih untuk mengambil gunting dan memotongnya. Tapi ternyata ada cara mudah untuk membersihkannya.

Liputan6.com, Jakarta - Makan permen karet itu mengasyikan. Selain rasanya yang manis. Anda bisa membuat gelembung besar, bahkan bisa menutupi seluruh wajah Anda.

Namun, hal yang membuatnya tidak asyik adalah ketika permen karet itu menempel pada alis, muka atau rambut Anda.

Gumpalan permen karet ini akan sulit dibersihkan. Jika mengenai rambut, banyak orang memilih untuk mengambil gunting dan memotongnya.

Jangan gunakan gunting. Sebab, ada sejumlah bahan yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan gumpalan itu. Seperti dikutip dari laman Mentalfloss.com, Jumat (11/9/2020), berikut 4 bahan yang bisa hilangkan gumpalan permen karet membandel:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah pembersih antimikroba serbaguna, murah, dan populer. Bahan ini memiliki keahlian ajaibnya termasuk menghilangkan permen karet yang menempel di jeans, kaus oblong, pakaian lain, atau bahkan karpet.

Caranya, panaskan seperempat cangkir air yang dicampurkan cuka di dalam microwave. Celupkan bagian yang terkena permen ke dalam cuka hangat itu, atau oleskan sedikit ke karpet atau kain yang terkena.

Dalam waktu kurang dari satu menit, sisa permen karet akan terlepas dari kain Anda.

3 dari 5 halaman

2. Selai Kacang

Biasanya, permen karet yang menempel pada bagian rambut akan sulit dibersihkan. Gosokkan beberapa sendok makan selai kacang dengan lembut di sekitar gumpalan rambut yang terkena, dan tunggu selama delapan hingga 10 menit.

Pada tingkat molekuler, selai kacang sebagian besar terdiri dari karbon dan hidrogen, yang membuatnya menjadi hidrofobik.

Karena permen karet juga hidrofobik, pada dasarnya mereka larut. Saat mereka berinteraksi, Anda akan bisa melihat bagaimana gumpalan permen karet perlahan-lahan menghilangkan dari rambut Anda, tanpa gunting.

 

4 dari 5 halaman

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki sifat pelarut. Minyak zaitun (atau minyak kanola atau minyak sayur) sangat membantu untuk menghilangkan permen karet dari alis atau bulu mata hingga rambut Anda.

Coba minyak zaitun untuk mengilangkan gumpalan permen karet yang membandel dan sulit dilepaskan.

5 dari 5 halaman

4. Pelembab Bibir

Pada lemari makeup Anda biasanya ditemukan pelembab bibir. Nyatanya ini tak hanya membuat mulus permukaan bibir.

Namun, punya khasiat lain yaitu mengilangkan gumpalan permen karet yang menempel pada bagian apapun di tubuh atau pakaian Anda.

Pelembab bibir merupakan pelumas aman dan non-abrasif yang juga sering direkomendasikan untuk menghilangkan zat yang jauh lebih keras daripada permen karet. Ini adalah solusi yang murah dan lembut untuk digunakan, terutama jika gelembung besar permen karet meledak di seluruh wajah Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini