Sukses

Alfred Riedl Meninggal Dunia Disorot Media Asing

Beberapa media asing turut memberitakan kabar Alfred Riedl meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Alfred Riedl meninggal dunia. Kabar kematian mantan pelatih Timnas Indonesia itu disorot sejumlah media asing.

Beberapa media asing dari Amerika Serikat (AS) turut mengangkat isu Alfred Riedl yang meninggal di usia 70 tahun. Associated Press dan USA Today memuatnya dalam artikel bertajuk "Former Austria soccer coach Alfred Riedl dies at 70".

"Alfred Riedl, yang melatih tim sepak bola nasional Austria sebelum bekerja dengan tim dari seluruh dunia, telah meninggal dunia. Dia berusia 70 tahun," tulis kedua media tersebut, dikutip Rabu (9/9/2020).

Washington Post juga mengulasnya dalam artikel berjudul serupa kedua portal berita di atas. Banyak media AS lain juga memberitakannya.

Dalam tulisan berjudul sama, media India, sportstar.thehindu.com dan Outlook India turut mengangkat kabar duka tersebut.

Sementara itu, situs olahraga sepakbola the-afc.com mengangkat kabar kematian Alfred Riedl dalam artikel "Former Vietnam, Indonesia head coach Alfred Riedl passes away". Menyoroti karir terakhirnya sebagai pelatih di Indonesa pada 2016.

Dari Vietnam, situs vietnamtimes.org.vn menuliskannya dalam tulisan "Alfred Riedl, Former Vietnam football Coach’s passing: Vietnam Football Federation sends condolences".

"Federasi Sepak Bola Vietnam menulis di situs resminya: Pada pagi hari tanggal 8 September (waktu setempat), media Austria menyatakan bahwa Pelatih Alfred Riedl meninggal dunia karena kanker di kota asalnya. Mantan pelatih kepala Tim Nasional Vietnam ini lahir pada 2 November 1949 dan meninggal dunia pada usia 70 tahun," tulis media Vietnam itu.

"Selamat tinggal Pelatih kepala Alfred Riedl yang memiliki banyak kontribusi untuk kesuksesan Sepakbola Vietnam."

Sementara dari Austria, media berbahasa Jerman yang berbasis di negara itu, mengabarkan kepergian Alfred Riedl dengan tulisan berjudul "Trauer um Alfred Riedl: Abschied von einem Weltenbummler".

 

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alfred Riedl Meninggal di Austria

Mantan pelatih Timnas Indonesia itu tutup usia pada Selasa 8 September 2020 dini hari waktu Austria.

Kabar wafatnya Alfred Riedl diwartakan sport.24 dan dikonfirmasi mantan asisten pelatih Timnas, Wolfgang Pikal.

"Alfred Riedl tutup usia kemarin malam di umur 70 tahun. RIP coach Alfred teman dan mentorku. Terima kasih untuk persahabatan, ilmu dan pengalaman yang kamu bagikan kepada saya," ujar Pikal lewat pesan singkat.

Alfred Riedl melatih Timnas Indonesia dalam tiga kesempatan berbeda. Ia tercatat memimpin Timnas Indonesia dalam tiga periode berbeda yakni 2010-2011, 2013-2014, dan 2016-2017.

Selama menggawangi Timnas Indonesia, Riedl pernah mencatatkan prestasi terbaik saat membawa tim Merah Putih finis sebagai runner up di Piala AFF 2010.

Riedl juga dikenal sukses melatih beberapa negara Asia Tenggara lainnya seperti Laos dan Vietnam.

"Kalau saya pergi ke Vietnam hari ini, orang pasti masih mengenal saya. Mereka akan memanggil saya," ujar Riedl kepada Sport24.

"Itu juga terjadi di Indonesia. Anda tak bisa keluar di jalan dengan normal." 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.