Sukses

Akibat Gelombang Panas, Tiga Kebakaran Hutan Besar Terjadi di California

Tiga kebakaran hutan besar terjadi di California, Amerika Serikat yang disebabkan oleh adanya gelombang panas.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga kebakaran hutan besar terus berkobar di California saat gelombang panas yang memecahkan rekor, terjadi di sebagian wilayah besar Amerika Serikat bagian barat pada Senin 7 September 2020.

Mengutip laman Channel News Asia, Selasa (8/9/2020), The Creek Fire, yang telah melanda daerah Fresno di California tengah dan menyebabkan lebih dari 200 orang yang berlibur di waduk harus dievakuasi secara darurat selama akhir pekan, masih belum dapat diatasi sama sekali pada Senin pagi, kata petugas pemadam kebakaran.

Api terus membesar di bawah "kondisi cuaca ekstrim" dan akibatnya api pun melahap hampir 79.000 hektar tanah, sementara penyebabnya masih dalam penyelidikan, kata Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (CalFire) dalam sebuah pernyataan.

Pejabat di Kabupaten Madera mengeluarkan perintah evakuasi dan mendesak penduduk untuk pergi jika mereka merasa tidak aman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Status Darurat

Pada Minggu malam, Gubernur California Gavin Newsom mengumumkan keadaan darurat untuk wilayah Fresno, Madera, Mariposa, San Bernardino dan San Diego karena kebakaran hutan, yang juga mendorong Dinas Kehutanan AS untuk sementara waktu menutup beberapa hutan nasional termasuk Hutan Nasional Sierra, Hutan Nasional Angeles dan Hutan Nasional San Bernardino.

Operator Sistem Independen California, yang menjalankan sebagian besar jaringan listrik Negara Bagian Golden, juga mendesak konsumen untuk mengurangi konsumsi energi dan mengatakan pihaknya kini sedang memantau kebakaran hutan di seluruh negara bagian yang mengancam saluran listrik.

"Suhu diperkirakan berada di atas normal di seluruh negara bagian untuk hari ketiga berturut-turut, meningkatkan permintaan listrik, terutama dari penggunaan AC," katanya dalam sebuah pernyataan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini