Sukses

Otoritas China Bersiap Hadapi Topan Bavi Setelah Hantam Korea Utara

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un sebelumnya menyerukan persiapan menyeluruh untuk meminimalkan korban dan kerusakan akibat Topan Bavi.

Liputan6.com, Pyongyang - Topan Bavi yang merupakan topan kedelapan tahun ini, menghantam pantai Provinsi Pyongan Utara di Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK), sebuah wilayah dekat perbatasan China sekitar pukul 08.30 pagi waktu setempat pada Kamis kemarin.

Perkiraan sebelumnya menunjukkan bahwa Bavi juga akan menghantam Provinsi Liaoning, Tiongkok timur laut yang mendorong otoritas China setempat bersiap-siap untuk menyambut topan.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un sebelumnya menyerukan persiapan menyeluruh untuk meminimalkan korban dan kerusakan akibat topan.

Sementara Korea Selatan memperingatkan bahwa angin kencang akan terus berlanjut di daerah ibu kota Seoul dan wilayah tengah negara itu sepanjang pagi hari.

Topan yang telah merobek atap dan melumpuhkan listrik ke lebih dari 1.600 rumah tangga di Korea Selatan, terbentuk di lepas pantai timur wilayah Taiwan tenggara China pekan lalu dan semakin menguat dalam perjalanan ke utara.

Tanggapan Tiongkok

Pusat Meteorologi Observatorium China telah mengumumkan peringatan merah untuk topan Bavi.

Sementara intensitas Bavi diperkirakan akan melemah setelah pendaratannya. Topan terkuat yang pernah ada di wilayah tersebut diperkirakan akan melanda ketiga provinsi di timur laut China.

Saat ini, tanaman panen musim gugur seperti jagung, kedelai dan beras di wilayah telah memasuki tahap kritis dalam pembentukan hasil.

"Penumpukan tanaman yang dihasilkan akan berdampak buruk pada produksi selanjutnya, dan kita harus mengambil tindakan pencegahan," kata Guo Anhong, kepala peramal dari Central Meteorological Observatory.

Dibandingkan dengan wilayah pesisir tenggara China, topan jarang terlihat di wilayah timur laut dan topan yang mendarat di utara lebih cenderung menyebabkan bencana.

Zhang Juan, seorang analis meteorologi, mengatakan bahwa ini karena wilayah utara tidak memiliki cukup pengalaman dalam memerangi topan, dan begitu topan di utara bertemu udara dingin, itu akan memicu hujan lebat yang jarang terjadi. Topan serupa yang pernah melanda wilayah timur laut menyebabkan kerusakan luas pada tanaman di sana.

Saat badai hujan lebat yang mengikuti Bavi siap menghancurkan pertanian dan sungai di wilayah itu, badan-badan lokal dan nasional telah secara aktif menanggapi, mengeluarkan peringatan dini dan melakukan penyebaran koresponden untuk mengurangi kerusakan.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Level Siaga Dinaikkan

Badan pengendali banjir China meningkatkan tanggap darurat dan pencegahan topan dari level IV ke level III pada hari Kamis kemarin dan menyerukan daerah yang terkena dampak untuk memantau perkembangan Bavi, memperkuat pencegahan dan mempersiapkan penyelamatan darurat.

Menurut Kementerian Penanggulangan Bencana dan tim penyelamat dari ketiga provinsi di kawasan timur laut itu sudah masuk dalam kesiapan operasional.

Lebih dari 20.000 petugas pemadam kebakaran dan total 329 perahu penyelamat telah dikerahkan di 47 stasiun siaga.

"Karena curah hujan yang tinggi kemungkinan besar akan mempengaruhi sebagian besar Lembah Sungai Songliao," kata Komite Songliao dari Kementerian Sumber Daya Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.