Sukses

Saingi PM Jacinda Ardern, Kucing Anggora Ini Masuk Nominasi New Zelander of The Year

Kucing anggora Turki asal Wellington Selandia Baru, ikut bersaing dengan PM Jacinda Ardern dan Dirjen Kesehatan Dr. Ashley Bloomfield dalam ajang penghargaan New Zelander of the Year.

Liputan6.com, Wellington- Seekor kucing anggora Turki asal Wellington, Selandia Baru masuk nominasi untuk memenangkan penghargaan New Zelander of the Year. Kucing tersebut akan bersaing dengan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dan Direktur Jenderal Kesehatan Dr. Ashley Bloomfield. 

Dikutip dari CNN, Jumat (21/8/2020), untuk penghargaan tahunan dari Kiwibank itu, kucing yang bernama Mittens tersebut bergabung dengan sejumlah kandidat lain yang termasuk tokoh-tokoh di bidang  politik, media, kesehatan, musik, dan desain.

Mittens pun menjadi terkenal bak selebritas, setelah penduduk setempat di ibu kota Selandia Baru, Wellington mendokumentasikan petualangannya mengelilingi kota.

Selain itu, halaman Facebook-nya, yang bernama  "The Wondrous Adventures of Mittens," juga sudah memiliki pengikut yang jumlahnya mencapai lebih dari 52.000.

Tidak tanggung-tanggung, Museum Wellington juga mendedikasikan pameran mini untuk Mittens dan petualangannya, yang diberi nama "Floofy and Famous".

Sebelumnya pada bulan Mei 2020, Wali Kota Wellington, Andy Foster, sempat memberikan Mittens kunci kota. 

Hal itu dilakukan sebagai penghargaan karena kontribusinya memberikan kebahagiaan, tawa, dan kesejukan kepada ibu kota, menurut pernyataan dari Pemerintah Ibu Kota Wellington.

Penghargaan itu sebelumnya sempat diberikan kepada sutradara film "The Lord of the Rings", Peter Jackson.

Tak hanya mendapatkan kunci kota sebagai penghargaan, Mittens juga berhasil membuat Ibu Kota Wellington berada di peta internasional.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nominasi Lainnya

Dalam pembahasan mengenai penghargaan Kunci Kota yang diberikan kepada Mittens, Dewan Kota Wellington dalam laman resmi Twitter-nya membagikan potret dari kucing tersebut bersama dengan lembaran penghargaannya.

"Kucing selebriti lokal, Mittens, dianugerahi penghargaan tertinggi di Ibu Kota dengan Wali Kota Andy Foster yang memberinya Kunci Kota dalam upacara kecil (Aman dari COVID-19) hari ini," tulis Dewan Kota Wellington via Twitter.

Selain PM Jacinda Ardern, Dirjen Kesehatan Ashley Bloomfield, dan Mittens, nominasi lain untuk New Zelander of The Year juga mencakup ahli mikrobiologi, Siouxsie Wiles, anggota parlemen Chloe Swarbrick, dan jurnalis Patrick Gower, menurut siaran pers yang diterbitkan Selasa.

Penyokong penghargaan New Zealander of the Year dari Kiwibank,  Miriama Kamo, menyampaikan, "Di tahun yang luar biasa ini, kami tahu bahwa setiap orang memiliki pahlawan".

 Miriama Kamo juga menambahkan, "Anda telah melihat mereka beraksi, Anda telah mendengarnya, Anda mungkin tinggal bersama mereka, New Zelanders yang luar biasa ini pantas mendapatkan pengakuan karena mampu melangkah, tahun ini dan setiap tahun".

Namun, petunjuk tentang siapa yang mungkin memimpin posisi kemenangan di perlombaan juga diungkapkan dalam siaran pers tersebut, bahwa ada "sejumlah besar" nominasi untuk Dr. Bloomfield, yang telah menjadi figur dalam tanggapan virus Corona COVID-19 di Selandia Baru.

Selain itu, siaran pers itu juga mengatakan bahwa mominasi ditutup pada 30 Agustus mendatang dan panel juri akan mengevaluasi prestasi mereka setidaknya dalam dua putaran, sebelum semi-finalis diumumkan pada Desember.

Sementara untuk pemenang secara keseluruhan, akan diumumkan pada 18 Maret 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.