Sukses

Heboh Duit Baru Rp 75 Ribu, Ini 7 Uang dengan Tampilan Super Keren

Uang Rp 75 ribu ini cukup menarik perhatian publik. Sebab, memiliki desain yang bagus dan indah. Terutama menampilkan sisi kebudayaan negara Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia resmi meluncurkan uang baru dengan pecahan nominal Rp 75 ribu. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menuturkan jika penerbitan uang baru itu dalam rangka memperingati 75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia.

Uang baru Rp 75 ribu ini dicetak dalam bentuk kertas sebanyak 75 juta lembar, yang bisa menjadi koleksi masyarakat. Sehingga total yang dicetak pemerintah senilai Rp 5,62 triliun.

"75 juta yang dicetak ditandatangani Menkeu selaku wakil pemerintah dan Gubernur BI," ujar Sri Mulyani dalam "Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia" bersama Gubernur Bank Indonesia yang dilakukan secara virtual, Senin (17/8/2020).

Dia menjelaskan, jika sesuai dengan amanat UU nomor 7 tahun 2011, tentang mata uang rupiah, mata uang rupiah ditempatkan sebagai salah satu simbol kedaulatan negara yang harus dihormati dan dibanggakan seluruh masyarakat.

Uang Rp 75 ribu ini cukup menarik perhatian publik. Sebab, memiliki desain yang bagus dan indah.

Terutama menampilkan sisi kebudayaan Indonesia. Ternyata, ada sejumlah uang milik negara lain yang juga menarik perhatian dari tampilan visualnya.

Seperti dikutip dari laman elitereaders, Rabu (19/8/2020) berikut 7 mata uang di dunia dengan tampilan menarik:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Comorian Franc

Comoros adalah sebuah negara yang terletak di lepas pantai timur Afrika. Negara itu terletak tepat di antara Mozamique dan Madagascar. Uang tunai mereka mengingatkan orang pada lukisan yang menawan.

 

3 dari 8 halaman

2. Dolar Australia

Pernahkah Anda melihat dolar Australia secara langsung? Ada titik-titik yang timbul. 

Sehingga mereka yang tunanetra dapat dengan mudah mengetahui nilai uang kertas itu.

Bagi kita yang bisa melihat, warna uang kertas tentu menyemangati kita untuk mengumpulkannya sebagai koleksi.

 

4 dari 8 halaman

3. Dolar Kanada

Logo daun maple selalu ada pada dolar Kanada. Ini adalah salah satu fitur keamanannya yang paling mengesankan. Ketika Anda melihatnya dengan menggunakan satu sumber cahaya, Anda dapat melihat lingkaran teks yang mencerminkan nilai moneternya.

 

5 dari 8 halaman

4. Dolar Selandia Baru

Lembaga uang kertas internasional menandai ini sebagai uang kertas 2015. Pilihan warna dianggap menakjubkan.

Pemilihan bahan yang tidak mudah membuat uang kusut juga diperhatikan.

 

6 dari 8 halaman

5. Tugrik Mongilia

Mata uang Mongolia tidak terlalu memiliki sisi yang mewah. Namun, ia memiliki satu simbol yang sangat kuat. Yaitu Genghis Khan yang reputasinya sebagai penakluk legendaris.

 

7 dari 8 halaman

6. Shekel Israel

Uang kertas milik Israel ini mungkin terlihat biasa saja. Namun, di balik kesederhanaan itu memiliki nilai elegan dan super minimalis.

8 dari 8 halaman

7. Krona Islandia

Uang milik Islandia ini tampak seperti ilustrasi yang rumit dari buku sejarah. Seperti negara-negara Nordik lainnya yang berpartisipasi dalam Uni Moneter Skandinavia, nama króna berasal dari kata Latin korona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.