Sukses

Pertama Kalinya Pakistan Uji Klinis Fase 3 Vaksin Corona COVID-19 Buatan China

Regulator Pakistan telah menyetujui pengujian fase terakhir dari vaksin Virus Corona COVID-19 buatan China.

Liputan6.com, Islamabad- Pihak berwenang Pakistan telah menyetujui pengujian fase terakhir dari vaksin Virus Corona COVID-19 buatan China. Vaksin itu akan memasuki tahap uji klinis pertama dalam jenisnya di Pakistan.

Dikutip dari AFP, Rabu (19/8/2020), regulator telah menyetujui pengujian vaksin yang sedang dikembangkan oleh CanSinoBio dan Institut Bioteknologi Beijing China, menurut Institut Kesehatan Nasional Pakistan (NIH).

Vaksin tersebut sudah menjalani uji coba Tahap 3 - atau pengujian skala besar pada manusia - di China, Rusia, Chili, dan Argentina. Selain deretan negara tersebut, Arab Saudi juga akan mengambil bagian dalam uji coba ini, menurut NIH.

Dalam pernyataannya, NIH menerangkan, "Ini akan menjadi uji klinis Tahap 3 pertama untuk vaksin apa pun di Pakistan".

Selanjutnya, NIH juga menambahkan, bahwa dimasukkannya Pakistan dalam uji coba akan membantunya mengamankan "pasokan dan harga vaksin preferensial".

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Uji Klinis di Beberapa Fasilitas Medis

Uji coba pada vaksin itu dilaporkan akan digelar di beberapa fasilitas medis di seluruh Pakistan, termasuk Rumah Sakit Indus yang besar di Karachi.

Kepala Rumah Sakit Indus, Abdul Bari, mengatakan kepada AFP, "Mudah-mudahan kita akan keluar dengan vaksin dalam tiga sampai empat bulan."

Sejauh ini, Virus corona COVID-19 telah menyebabkan kematian pada lebih dari 6.000 orang di Pakistan. 

Tetapi, jumlah kasus infeksi di negara itu telah mengalami penurunan selama beberapa pekan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.