Sukses

Top 3: Peneliti Temukan Tata Surya Berisi 7 Planet Mirip Bumi Paling Disorot

Liputan6.com, Jakarta- Baru-baru ini, sebuah tim peneliti berhasil mengolah data dan menemukan bahwa beberapa bintang berpotensi menampung sebanyak tujuh planet mirip Bumi.

Tim peneliti tersebut dipimpin oleh astrobiolog Stephen Kane dari University of California, Riverside, AS.

Berita tentang penemuan sejumlah bintang yang berpotensi menampung tujuh planet mirip Bumi itu menjadi berita terpopuler di kanal Global Liputan6.com, Senin (3/8/2020).

Isu populer lainnya adalah mengenai Kru NASA-SpaceX yang dijadwalkan tiba di Bumi pada 2 Agustus 2020.

Kru NASA-SpaceX itu adalah astronot AS Doug Hurley dan Bob Behnken, yang telah melepas kapsul Dragon Endeavour mereka dari stasiun ruang angkasa internasional (ISS) untuk memulai perjalanan kembali mereka ke Bumi.

Artikel yang jadi sorotan lainnya membahas Presiden Filipina yang menyebutkan bahwa bensin bisa menjadi disinfektan dan pembersih masker COVID-19.

Namun, juru bicara Presiden Rodrigo Duterte kemudian mengklarifikasi bahwa pernyataan itu adalah gurauan, menambahkan bahwa sang presiden suka bercanda, menurut berita itu. 

Berikut ini artikel terpopuler kanal Global dalam Top 3 Global Liputan6.com:

2 dari 5 halaman

1. Peneliti Menemukan Tata Surya Berisi 7 Planet Mirip Bumi

Para ilmuwan suka berdebat dan menyelidiki kemungkinan kehidupan di planet ekstrasurya --planet yang terletak di luar tata surya kita. Hal itu didorong oleh kemungkinan temuan peradaban alien yang cerdas dan langka, atau sebagai opsi alternatif hunian manusia di masa depan.

Baru-baru ini, sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh astrobiolog Stephen Kane dari University of California, Riverside berhasil mengolah data dan menemukan bahwa beberapa bintang berpotensi menampung sebanyak tujuh planet mirip Bumi di sebuah sistem ekstrasurya nun jauh di sana.

Kane --yang sebelumnya menyelidiki kemungkinan eksomitasi layak huni-- telah mempelajari sistem tata surya Trappist-1 yang menarik, tempat tinggal beberapa planet mirip Bumi yang terletak di zona layak huni bintang di mana air cair bisa ada.

Baca selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Misi Antariksa Selesai, Kru NASA-SpaceX Dijadwalkan Tiba di Bumi Dini Hari

Astronot AS Doug Hurley dan Bob Behnken telah melepas kapsul Dragon Endeavour mereka dari stasiun ruang angkasa internasional (ISS) untuk memulai perjalanan kembali mereka ke Bumi.

Pasangan itu diperkirakan akan turun di lepas pantai Florida tepat setelah 14:40 waktu setempat (19:40 BST) pada hari Minggu, atau 01.40 dini hari WIB, Senin 3 Agustus 2020, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (2/8/2020).

Pendaratan yang berhasil berarti Amerika Serikat sekali lagi memiliki wahana antariksa yang sepenuhnya dapat diservis dan disertifikasi untuk membawa orang-orangnya ke orbit dan kembali.

Baca selengkapnya..

4 dari 5 halaman

3. Presiden Filipina: Bensin Bisa Jadi Disinfektan dan Pembersih Masker COVID-19

Presiden Filipina Rodrigo Duterte, pada Jumat 31 Juli 2020, mengatakan kepada rakyatnya bahwa mereka harus menggunakan bensin sebagai desinfektan untuk membersihkan masker wajah pelindung virus coronoa COVID-19 --jika cairan pembersih konvensional tidak tersedia.

Dan ia menekankan bahwa nasihat itu bukan lelucon.

Ini merupakan pernyataannya yang kedua setelah pekan lalu menyarankan hal serupa. Namun, juru bicara Duterte kemudian mengklarifikasi bahwa itu adalah lelucon, menambahkan bahwa sang presiden suka bercanda.

Baca selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: