Sukses

Beredar Video Viral Diduga Genosida Kaum Uighur, Dubes China untuk Inggris Bantah

Duta Besar China untuk Inggris, Liu Xiaoming membantah tuduhan yang menyebut Tiongkok melakukan aksi genosida terhadap masyarakat Uighur.

Liputan6.com, London - Duta Besar Tiongkok untuk Inggris memberikan pembelaan berani atas catatan hak asasi manusia yang dijatuhkan ke negaranya pada hari Minggu 19 Juli 2020.

Ia menegaskan bahwa orang-orang Uighur "hidup berdampingan secara damai dan harmonis dengan kelompok etnis lain", ketika ia dihadapkan dengan rekaman tahanan yang dibelenggu dan digiring ke kereta api di Xinjiang. Demikian seperti dikutip dari laman The Guardian, Selasa (21/7/2020). 

Liu Xiaoming dengan tegas membantah klaim pelanggaran oleh Beijing.

Kelompok hak asasi manusia dan pemerintah barat telah membuat katalog serangan sistematis terhadap minoritas Muslim Uighur di wilayah barat China, termasuk sterilisasi paksa massal dan penahanan di kamp-kamp "pendidikan ulang".

Rekaman drone dari ratusan pria yang ditutup matanya dan dibelenggu, yang kelihatannya adalah masyarakat Uighur dan kelompok etnis minoritas lainnya, digiring menuju ke kereta api yang diyakini sebagai pemindahan tahanan di Xinjiang pada Agustus lalu.

Menanggapi video yang beredar, Liu berkata, "Saya tidak tahu dari mana Anda mendapatkan rekaman video ini," kemudian menambahkan, "kadang-kadang Anda memiliki transfer tahanan, di negara mana pun."

"Orang-orang Uighur menikmati hidup berdampingan secara damai dan harmonis dengan kelompok etnis lain," katanya, seraya menambahkan, "Kami memperlakukan setiap kelompok etnis secara setara."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viralnya Video

Video yang diunggah secara anonim tahun lalu, telah muncul kembali baru-baru ini dan menjadi viral di tengah tuduhan baru dan laporan sterilisasi paksa beserta pelanggaran lainnya terhadap tahanan Uighur. 

China pun mendapat kecaman atas penahanan massal para tahanan di Xinjiang baik dalam sistem penjara formal maupun kamp-kamp interniran yang berfungsi sebagai penjara de facto, yang menurut Beijing hanyalah pusat pelatihan kejuruan.

Bersama dengan rekaman drone, Liu turut menyaksikan wawancara dengan seorang wanita yang mengatakan dia telah mengalami sterilisasi paksa. 

Dia pun menanggapinya dengan menyalahkan laporan tersebut pada "beberapa kelompok kecil elemen anti-China".

"Tidak ada, yang disebut, meresap, masif, sterilisasi paksa di kalangan wanita Uighur di China," katanya. Tetapi dia mengakui: “Saya tidak bisa mengesampingkan satu kasus. Untuk negara mana pun, hanya ada satu kasus."

Liu juga membela undang-undang keamanan baru yang disahkan baru-baru ini di Hong Kong, yang telah memfasilitasi tindakan keras kejam terhadap protes anti-pemerintah.

Dia mengatakan memastikan keamanan nasional adalah tanggung jawab setiap pemerintah, dan Beijing telah dipaksa untuk bertindak karena hukum Hong Kong telah "gagal membatasi, untuk menahan kekerasan, penjarahan, penghancuran".

Catatan hak asasi manusia China di Xinjiang telah memicu kecaman internasional yang terus meningkat. 

Awal bulan ini, AS memberlakukan sanksi terhadap para pejabat China sebagai protes atas perlakuan terhadap warga Uighur dan kelompok minoritas lainnya, termasuk Kazakh.

Sekretaris asing bayangan Inggris, Lisa Nandy, yang diwawancarai oleh BBC setelah Liu, mengatakan tampaknya China terlibat dalam aksi genosida.

"Jelas terlihat seperti itu," katanya, menggambarkan tindakan Tiongkok sebagai "penganiayaan yang disengaja dan pembunuhan sekelompok besar orang berdasarkan etnisitas kebangsaan mereka". Dia mendesak pemerintah Inggris untuk menggemakan pendekatan AS, dan menjatuhkan sanksi sepihak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.