Sukses

Gorila Terlangka Sedunia Ditemukan Bersama Bayinya di Hutan Nigeria

Liputan6.com, Nigeria - Dalam perburuan yang langka, konservasionis telah menangkap gambar baru gorila paling langka di dunia dengan beberapa bayinya di Nigeria selatan.

Gorila Cross River ditemukan di Pegunungan Mbe yang lebat, di negara bagian Cross River, tertangkap kamera yang dipasang oleh Wildlife Conservation Society Nigeria (WCS Nigeria).

Menurut International Union for Conservation of Nature, subspesies ini diketahui sudah masuk dalam daftar spesies yang terancam punah karena diketahui hanya sekitar 300 yang masih hidup di daerah pegunungan di Nigeria dan Kamerun.

Gorila cenderung menghindari manusia, dan beberapa populasi mereka telah menjadi target pemburu di masa lalu.

Gambar gorila jenis itu juga pernah terekam pada 2012 di Suaka Kagwene Kagwene Kamerun.

Direktu Cross River Landscape for Wildlife Conservation Society Nigeria, Inaoyom Imong mengatakan, penampakan terbaru yang diabadikan oleh WCS Nigeria adalah bukti bahwa gorila Cross River "dilindungi dengan baik dan berkembang biak," setelah beberapa dekade menjadi sasaran para pemburu  liar.

2 dari 3 halaman

Masyarakat Ikut Andil Dalam Pelestarian Gorila

Dikutip dari CNN Kamis (9/7/2020), masyarakat setempat mengatakan mereka telah bekerja keras dengan beberapa komunitas untuk memastikan perlindungan gorila. Oleh karena itu, sejak 2012 tidak ada kematian subspesies itu yang dicatat atau dilaporkan di Nigeria.

Gabriel Ocha, kepala Kanyang, salah satu desa dekat Pegunungan Mbe, mengatakan gambar itu adalah bukti bahwa kerja keras konservasi yang dilakukan komunitasnya dengan WCS membuahkan hasil.

"Saya sangat senang melihat foto-foto indah gorila Cross River dengan banyak bayi di hutan kami," kata Ocha dalam sebuah pernyataan

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini